Link Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Lengkap dengan Syarat dan Cara Klaim Ulang
Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2021, Cara Daftar KIP Kuliah 2021, syarat KIP Kuliah 2021
12:32
29 Juli 2024

Link Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Lengkap dengan Syarat dan Cara Klaim Ulang

Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi membuka kembali pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024.

Pendaftaran KIP kuliah sempat terhenti karena website tidak bisa diakses imbas peretasan pada Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS2). Padahal, waktu pendaftaran dibuka hingga 31 Oktober 2024.

Kemendikbudristek kembali membuka pendaftaran KIP kuliah untuk yang belum mendafar pada Senin (29/7/2024).

Selain itu, bagi yang sudah tercatat sebagai penerima KIP kuliah bisa melakukan pendaftaran ulang. Berdasarkan data yang diperoleh, sedikitnya 853.393 mahasiswa yang telah mendaftar sebelum sistem mengalami masalah diminta mendaftar ulang.

Baca Juga: Membongkar Stigma: Mahasiswa KIP dengan iPhone, Mengapa Tidak?

Link Pendaftaran KIP Kuliah

- Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
- Klik menu "Login Siswa" dan masukkan data pada Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan alamat email yang aktif.
- Setelah memasukkan data-data tersebut, Anda akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses melalui email yang didaftarkan.
- Anda bisa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang Anda pilih.
- Setelah calon penerima KIP Kuliah 2024 diterima di perguruan tinggi, selanjutnya Anda bisa melakukan verifikasi di perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Syarat KIP Kuliah 2024

Syarat umum:
- Calon penerima KIP Kuliah 2024 merupakan siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara yang akan lulus pada tahun berjalan atau telah lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
- Memiliki potensi akademik yang baik namun mengalami keterbatasan ekonomi, yang didukung dengan bukti dokumen yang valid.
- Telah lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi akademik atau vokasi, baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS), yang telah terakreditasi pada Program Studi yang juga telah memperoleh akreditasi (Akreditasi Unggul/A atau Baik Sekali/B, dan dalam beberapa kasus khusus, pada Prodi dengan Akreditasi Baik/C), secara resmi dan terdaftar dalam sistem akreditasi nasional PT.

Syarat lainnya
- Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau program bantuan pendidikan nasional lainnya.
- Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial seperti PKH, PBI JK, BPNT.
- Berada dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin hingga desil 3 Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE).
- Menjadi mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.
- Jika salah satu tak terpenuhi masih dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah 2024 dengan syarat memenuhi ketentuan tidak mampu secara ekonomi yang berlaku. Syarat itu ditetapkan dengan mengharuskan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali tidak melebihi Rp 4.000.000 per bulan atau dibagi per anggota keluarga tidak melebihi Rp750.000. Tinggal unggah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari wilayah setempat.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran Upacara HUT Ke-79 RI 17 Agustus 2024 Dibuka?

Cara Klaim Ulang KIP Kuliah 2024

- Klik laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id
- Login memakai NIK dan NISN yang telah didaftarkan sebelumnya
- Lakukan cek ulang data diri, dokumen KIP
- Unggah kembali dokumen dan data pendukung pendaftaran KIP Kuliah yang diperlukan

Daftar Dokumen Reclaim KIP Kuliah 2024

- Bukti pendaftaran KIP Kuliah Merdeka.
- Nomor Induk Kependudukan (NIK)
- Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
- Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Selain itu, ada beberapa dokumen yang sering diminta saat mendaftar KIP kuliah. Seperti:
- Foto pribadi terbaru
- Foto lengkap keluarga
- Foto rumah tampak depan
- Surat Keterangan Penghasilan Kedua Orangtua
- Surat Keterangan Tidak Mampu/ terdata di DTKS
- SPPT Pembayaran PBB
- Struk Pembayaran Listrik
- Kartu KIP / KKS/ PKH (jika ada)
- Sertifikat Prestasi (jika ada)

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #link #pendaftaran #kuliah #2024 #lengkap #dengan #syarat #cara #klaim #ulang

KOMENTAR