Kunker ke IKN di Hari Libur, Jokowi Ngecek Kantor Presiden dan Istana Negara
Kunker ke IKN di Hari Libur, Jokowi Ngecek Kantor Presiden dan Istana Negara. (Foto: Ist)
10:00
28 Juli 2024

Kunker ke IKN di Hari Libur, Jokowi Ngecek Kantor Presiden dan Istana Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Minggu (28/7/2024). Kepala negara dijadwalkan melakukan sejumlah kegiatan di IKN.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana menyampaikan salah satu kegiatan Jokowi di IKN adalah meninjau kantor presiden dan Istana Negara.

"Bapak presiden akan melakukan kunjungan kerja ke IKN, antara lain beliau akan melakukan peresmian jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, peninjauan jalan tol IKN, peninjauan kantor presiden dan Istana Negara," kata Yusuf kepada wartawan, dikutip Minggu (28/7/2024).

Presiden Joko Widodo saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung BPJS Kesehatan di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Muhammad Solih JanuarPresiden Joko Widodo saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung BPJS Kesehatan di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Muhammad Solih Januar

Selain melakukan peresmian sejumlah infrastruktur dan meninjau Istana Negara, kunjungan kerja Jokowi di IKN sekaligus untuk mengecek kesiapan tempat upacara 17 Agustus mendatang. 

Baca Juga: Diminta Tak Ngotot Terbitkan Keppres IKN, Legislator PAN Sentil Moeldoko: Jangan Desak Presiden!

"Serta melakukan peninjauan lainnya, termasuk pengecekan kesiapan tempat Upacara HUT RI dan sarana serta pra sarana pendukung lainnya," kata Yusuf.

Dalam kunjungan ke IKN hari ini, Jokowi bakal didampingi Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR sekaligus Kepala Otorita IKN dan sejumlah pejabat lain.

Bolak-balik ke IKN 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono  sebelumnya mengungkapkan agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli ini.

Kegiatan kepala negara di IKN itu diungkap Heru saat menanggapi pertanyaan mengenai rencana Jokowi berkantor di IKN. Seperti diketahui rencana presiden berkantor di IKN ditargetkan Juli.

Baca Juga: Desak Jokowi Evaluasi Amdal di IKN, Greenpeace Indonesia: Ada Pembangunan Sudah Terjadi Krisis Air

Istana Negara di IKN. [Ist]Istana Negara di IKN. [Ist]

Heru menyampaikan kunjungan Jokowi di IKN dalam rangka meresmikan jalan tol sekaligus melakukan peninjauan pada 28 Juli. Ia berujar pihaknya bersama Kementerian PUPR tengah menyiapkak segala kebutuhan.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau. Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk bapak presiden berkantor di IKN," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Sementara itu, ditanya kepastian kapan presiden berkantor di IKN, Heru sebatas menyampaikan perihal kegiatan Jokowi di IKN pada akhir bulan ini.

"Ya beliau kan rencana tanggal 28 ke IKN," kata Heru.

Bukan cuma melakukan kunjungan, Jokowi diagendakan bermalam di IKN.

"Ya 1-2 hari. Saya lagi persiapkan ini rapat dengan teman-teman Setpres dan PUPR juga mmepersiapkan," kata Heru.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #kunker #hari #libur #jokowi #ngecek #kantor #presiden #istana #negara

KOMENTAR