Menyala! 3 Media Lokal Raih Penghargaan Bergengsi di Media Innovation Awards 2024
3 Media Lokal Raih Penghargaan Bergengsi di Media Innovation Awards 2024. [Suara.com]
13:44
25 Juli 2024

Menyala! 3 Media Lokal Raih Penghargaan Bergengsi di Media Innovation Awards 2024

Tiga media lokal di Gresik berhasil menyabet penghargaan Media Innovation Awards 2024 Jatim Media Summit 2024 yang digelar di Whiz Lux Hotel Spasio, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/7/2024).

Ketiga media yang mendapat penghargaan tersebut, yakni Gresik Satu, Kabar Gresik dan Info Gresik. Mereka yang terpilih telah melewati proses inkubasi untuk merumuskan ide serta inovasi pengembangan medianya. Kata kunci utama dari perumusan ide-ide inovatif tersebut adalah kolaborasi dan audiens muda.

Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Chief Executive Officer (CEO) Suara.com Suwarjono dan CEO Beritajatim Dwi Eko Lokononto menyerahkan penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan PT Freeport Indonesia sebagai apresiasi terhadap inovasinya di dunia media.

Baca Juga: Pelatihan Literasi Digital untuk Menangkal Hoaks di Media Sosial

Seperti Gresik Satu, mereka menjadi media yang memiliki ide untuk menggabungkan beragam elemen masyarakat, baik itu media, inluencer, komunitas maupun UMKM, dalam satu platform digital yang lengkap.

Selanjutnya, beragam elemen itu akan diberikan pelatihan serta workshop untuk dapat meningkatkan skill mereka untuk jangka panjang.

Ide menarik lainnya diusulkan oleh Kabargresik. Dalam rencana penerapannya, mereka ingin menggerakkan jurnalisme warga agar bisa mempercepat penyebaran informasi melalui workshop standar jurnalistik yang diadakan di warung kopi. Target audiensnya berasal dari beragam lapisan masyarakat dan usia.

Inovasi tak kalah moncer diusulkan oleh Infogresik. Mereka ingin melakukan kegiatan dengan pendekatan informasi sehingga bisa memicu keakraban dan engagement antaraudiens. Penekanan dalam gagasan mereka yakni interaksi tinggi dengan masyarakat untuk menjaga kelestarian bahasa daerah mereka.

CEO Suara.Com Suwarjono mengungkapkan inovasi-inovasi yang muncul dari media Gresik sangat bagus, beragam serta out of the box. Diharapkan, inovasi tersebut bisa menjadi landasan bagi mereka untuk terus tumbuh dan berkembangan di ekosistem media digital.

Baca Juga: Media Vietnam Puji Indonesia usai Bantai Timor Leste di Piala AFF U-19 2024: Kekuatan Luar Biasa

"Para pengelola media lokal di Gresik berhasil dengan cermat mengidentifikasi kekuatan untuk terus tumbuh dan berkembang melalui beragam inovasi serta ide gagasan yang dilontarkan," kata Suwarjono.

Proses inkubasi itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Jatim Media Summit 2024 dalam bentuk workshop di Gresik beberapa waktu lalu. Di workshop tersebut, para pengelola media mendapatkan sharing session seputar pengembangan konten media digital.

Dalam sosialisasi Media Innovation Grant bertema Content Development & Distribution tersebut, dihadiri lebih dari 20 peserta dari berbagai media lokal di seputar kota Gresik. Di program ini, dikupas bagaimana membangun konten di era digital agar tidak terlindas roda zaman.

“Kami ingin memunculkan kolaborasi, inovasi, dan kerjasama bersama di Gresik ini agar lebih adaptif mengenai pengembangan konten. Kalau kita tidak begitu, nantinya akan tertinggal semakin jauh,” buka Head of Local Media Community Suara.com Asep Saefullah dalam acara yang digelar di One Place Gresik, Jawa Timur, Selasa (16/7/2024).

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #menyala #media #lokal #raih #penghargaan #bergengsi #media #innovation #awards #2024

KOMENTAR