Bertakziah, Jokowi Puji Mendiang Wapres ke-9 Hamzah Haz: Beliau Negarawan, Pengabdiannya Sangat Banyak
Bertakziah, Jokowi Puji Mendiang Wapres ke-9 Hamzah Haz: Beliau Negarawan, Pengabdiannya Sangat Banyak. [Foto Biro Pers]
14:32
24 Juli 2024

Bertakziah, Jokowi Puji Mendiang Wapres ke-9 Hamzah Haz: Beliau Negarawan, Pengabdiannya Sangat Banyak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berduka cita atas wafatnya Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz. Jokowi bahkan bertakziah langsung ke rumah duka almarhum, Rabu siang.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke rahmatullah tadi pagi almarhum Bapak Dr. H. Hamzah Haz dalam usia beliau yang ke-84 tahun," kata Jokowi di rumah duka, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Jokowi mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Hamzah Haz.

"Atas nama pemerintah, atas nama bangsa dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara, baik sebagai Wakil Presiden di tahun 2001-2004 maupun pengabdian lainnya yang kita tahu sangat-sangat banyak," kata Jokowi.

Baca Juga: Istora Senayan Heboh! Ribuan Emak-emak Berkebaya Riuh saat Jokowi Gandeng Iriana

Suasana Masjid Al-Istiqomah, Kota Bogor Jelang Disalatkannya Almarhum Wakil Presiden (Wapres) RI ke - 9 Hamzah Haz [Egi/Suara.com]Suasana Masjid Al-Istiqomah, Kota Bogor Jelang Disalatkannya Almarhum Wakil Presiden (Wapres) RI ke - 9 Hamzah Haz [Egi/Suara.com]

Sementara itu, saat ditanya apakah akan ikut pemakaman almarhum, Jokowi menegaskan akan ada menteri koordinator yang memimpin upacara pemakaman.

"Nanti upacara pemakaman akan dipimpin oleh pak menko dan dilaksanakan di pemakaman di Bogor," kata Jokowi.

Mantan Wapres Hamzah Haz Wafat

Kabar duka atas wafatnya Hamzah Haz diamini oleh Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi saat dikonfirmasi langsung  

"Innalillahi wa inna ilaihi Rojiun, Benar, telah wafat Bapak Dr Hamzah Haz pagi ini jam 09.30 di kediaman Tegalan," kata Arwani kepada , Rabu. 

Baca Juga: Istana Ikut Berduka atas Berpulangnya Wapres ke-9 Hamzah Haz: Semoga Beliau Husnul Khatimah

Menurutnya, proses pemakaman almarhum Hamzah Haz akan digelar di kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, siang nanti.

"Jenazah akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua Bogor siang nanti setelah salat zuhur," pungkasnya.

Diketahui, Hamzah Haz sempat menjalani perawatan di rumah sakit setelah dikabarkan jatuh sakit. Bahkan, Hamzah Haz sempat dirawat selama dua bulan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta karena gangguan fungsi organ. 

Meski masih belum pulih, Hamzah Haz sempat memberikan sambutan di acara Penutupan Muktamar IX PPP. Sambutannya dikemas dalam sebuah video yang kemudian ditayangkan saat acara berlangsung. 

"Alhamdullah, saya pelan-pelan yang tadinya tidak bisa berjalan, (mulai) bisa berjalan lagi," kata Hamzah dikutip dari akun YouTube Petiga TV, Minggu (20/12/2020).

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #bertakziah #jokowi #puji #mendiang #wapres #hamzah #beliau #negarawan #pengabdiannya #sangat #banyak

KOMENTAR