Baru Dilantik Jokowi, Tiga Wamen Sudah Dapat Ini dari KPK
Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono (tengah) bersama Wakil Menteri Pertanian Sudaryono (kanan) dan Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung (kiri) memberikan keterangan usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww]
11:32
19 Juli 2024

Baru Dilantik Jokowi, Tiga Wamen Sudah Dapat Ini dari KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta tiga wakil menteri (wamen) yang baru dilantik Presiden Joko Widodo untuk segera menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika mengatakan bahwa pihaknya juga akan melayangkan permohonan lapor LHKPN kepada tiga wamen yang baru.

"KPK dalam waktu dekat akan mengirimkan surat imbauan pelaporan LHKPN kepada yang bersangkutan," kata Tessa kepada wartawan, Jumat (19/7/2024).

Dia juga menyebutkan bahwa surat permohonan tersebut sudah dilayangkan, maka para pejabat negara yang baru dilantik akan diberikan waktu selama tiga bulan untuk melaporkan harta kekayaannya.

Baca Juga: Thomas Djiwandono Lulus Mana? Wakil Menteri Keuangan yang Baru Dilantik Jokowi

"Sesuai Peraturan KPK Nomor 02/2020, setiap penyelenggara negara yang baru pertama kali menjabat wajib menyampaikan LHKPN paling lambat 3 bulan sejak dilantik," ujar Tessa.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik tiga orang Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju pada sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Mereka yang dilantik yakni, Thomas Djiwandono selaku Wakil Menteri Keuangan, Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi.

Pelantikan ketiga wamen dilakukan di Istana Negara pada Kamis (18/7/2024) dengan dihadiri sejumlah menteri.

Diketahui dua di antara satu wamen merupakan kader Partai Gerindra, yakni Bendhara partai Thomas dan Sudaryono ketua Gerindra Jawa Tengah.

Baca Juga: Tugas Pertama Thomas Djiwandono dari Sri Mulyani

Thomas juga diketahui adalah keponakan dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #baru #dilantik #jokowi #tiga #wamen #sudah #dapat #dari

KOMENTAR