Bahas 4 Poin Penting, Jokowi juga Terima Kasih ke MBZ usai Kunjungan Prabowo-Gibran Bulan Lalu
Bahas 4 Poin Penting, Jokowi juga Terima Kasih ke MBZ usai Kunjungan Prabowo-Gibran Bulan Lalu. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
20:16
17 Juli 2024

Bahas 4 Poin Penting, Jokowi juga Terima Kasih ke MBZ usai Kunjungan Prabowo-Gibran Bulan Lalu

Ada empat poin yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA), Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Abu Dhabi, Rabu (17/7).

Melalui kunjungan kenegara itu, Jokowi sekaligus menyampaikan bahwa ia sangat menghargai persaudaraan dan kerja sama kedua negara yang telah berlangsung selama 10 tahun.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari MBZ atas kunjungan presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Mei lalu.

"Saya berharap kerja sama Indonesia dan UEA terus terjalin dan semakin erat ke depan," kata Jokowi.

Baca Juga: Dentuman Meriam Iringi Sambutan Hangat Presiden MBZ ke Jokowi di Abu Dhabi

Jokowi kemudian menyampaikan satu per satu empat poin yang ia ingin sampaikan dalam pertemuan. Poin pertama terkait dengan kerja sama perdangangan hingga perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

"Alhamdulilllah perundingan CEPA telah selesai dan UEA adalah negara Timur Tengah pertama yang memiliki kerja sama CEPA dengan Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menyambut baik kerja sama sistem pembayaran antara bank sentral kedua negara, serta pembangunan kapal untuk angkatan laut Uni Emirat Arab oleh PT PAL Indonesia.

"Saya yakin semua ini akan memberikan manfaat positif bagi perdagangan kedua negara," kata Jokowi.

Poin kedua, yakni terkait kerja sama investasi strategis. Jokowi mengatakan investasi antara kedua negara semakin kuat.

Baca Juga: Ditanya Jadi Pindah Kantor ke IKN Juli? Jokowi Curhat Tiap Hari Hujan Deras Banget, Pekerjaan Banyak Mundur

Kumpulan Fakta Jokowi Obral HGU 190 Tahun Demi Tarik Investor (IG/@jokowi)Kumpulan Fakta Jokowi Obral HGU 190 Tahun Demi Tarik Investor (IG/@jokowi)

"Salah satu yang menjadi fokus Indonesia saat ini adalah pembangunan ibu kota baru Nusantara dan hilisirasi industri," kata Jokowi.

Poin ketiga terkait kerja sama iklim dan energi bersih. Joklwi mengapresiasi hubungan investasi 145 megawatt pembangkit listrik tenaga surya terapung di Cirata, yang selanjutnya akan dikembangkan hingga 500 megawatt.

"Saya juga menyambut baik groundbreaking Mangrove Researh Center di Bali dan kerja sama pembangkit listrik tenaga nuklir, antara BRIN Indonesia dan ENEC (Emirates Nuclear Energy Corporation), dan terima kasih yang mulia untuk dukungan nyata bagi transisi energi Indonesia," ujarnya. 

Poin keempat terkait kerja sama sosial budaya kedua negara.

"Saya menyambut baik pemberian Zayed Award for Human Fraternity 2024 bagi NU dan Muhammadiyah untuk mendukung toleransi dan modernisasi Islam," kata Jokowi.

Disambut Hangat

MBZ menyiapkan upacara kenegaraan saat menyambut kunjungan kenegaraan Jokowi di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, PEA, pada Rabu, 17 Juli 2024.

Rangkaian kendaraan yang membawa Presiden Jokowi melewati pasukan berkuda dan berunta, pemusik tradisional, dengan diiringi dentuman meriam 21 kali saat tiba di gerbang Qasr Al Watan.

Upacara penyambutan Presiden Jokowi saat kunker ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)Upacara penyambutan Presiden Jokowi saat kunker ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

MBZ melakukan penyambutan langsung setibamya Jokowi di depan pintu masuk Qasr Al Watan, MBZ. Mereka bersalaman dilanjut berfoto bersama.

Usai penyambutan, MBZ dan Jokowi berjalan melewati jajar pasukan kerajaan dan pasukan musik tradisional "Al Ayyala". Tampak sejumlah anak kecil turut menyambut kedua pemimpin.

Setelah itu, lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan. Jokowi dan MBZ tampak berdiri diapit bendera Indonesia dan PEA. Di hadapan kedua pemimpin tersebut berbaris pasukan angkatan bersenjata PEA dari tiga matra.

Jokowi dan MBZ kemudian menerima laporan komandan upacara untuk kemudian melakukan inspeksi pasukan. Kedua pemimpin kemudian memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara.

Adapun delegasi Indonesia yang turut mendampingi Jokowi, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir; dan Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis.

Kedua pemimpin kemudian melakukan pertemuan bilateral bersama delegasi masing-masing. Dalam pengantarnya, MBZ menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu Jokowi yang ia sebut sebagai saudara.

"Saya dengan hangat menyambut Anda di negara kedua Anda, Emirates. Saya berterima kasih atas kunjungan yang murah hati ini, yang merupakan puncak dari perjalanan panjang hubungan yang bermanfaat dan erat antara kita dan kerja sama dan tulus demi kepentingan PEA, Indonesia, dan rakyatnya," ujar MBZ.

Jokowi menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat MBZ.

"Terima kasih atas sambutan hangat Yang Mulia. Saya sangat hargai persaudaraan dan kerja sama erat kita selama 10 tahun ini," ucap Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut juga dibacakan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak dalam berbagai bidang, antara lain energi, pariwisata, hingga keuangan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menerima penghargaan sipil tertinggi dari Presiden MBZ berupa Order of Zayed. Para pemimpin dunia termasuk Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Presiden RI terpilih Prabowo Subianto telah menerima Order of Zayed.

Upacara penyambutan kenegaraan ditutup dengan santap siang oleh Presiden MBZ.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #bahas #poin #penting #jokowi #juga #terima #kasih #usai #kunjungan #prabowo #gibran #bulan #lalu

KOMENTAR