Diresmikan Wapres Ma'ruf Amin, Kresek Jadi Kampung Santri
Tangkapan layar Wapres Ma'ruf Amin memberi sambutan pada acara Gebyar Muharam 1446 H Kecamatan Kresek dan Penandatanganan Prasasti Kresek Kampung Santri di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Wapres, Minggu (14/7/2024). [ANTARA/Benardy Ferdiansyah]
10:00
15 Juli 2024

Diresmikan Wapres Ma'ruf Amin, Kresek Jadi Kampung Santri

Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten diresmikan menjadi Kampung Santri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia atau Wapres RI Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin meresmikan Kresek sebagai Kampung Santri saat menghadiri Gebyar Muharam 1446 H Kecamatan Kresek dan Penandatanganan Prasasti Kresek Kampung Santri di Kecamatan Kresek, Kabupaten, Tangerang, Banten, Minggu (14/7/2024) semalam.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Kresek sebagai kampung santri saya nyatakan diresmikan," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin mengapresiasi Kresek menjadi kampung santri yang juga masih bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah.

Baca Juga: Andra Soni Pengusaha Apa? Ini Profil Bakal Cagub Banten yang Diusung Gerindra

Kata Wapres, Kresek yang juga merupakan tempat lahirnya itu sebenarnya sejak dulu sudah menjadi kampung santri.

"Sebenarnya Kresek itu sudah dari dulu kampung santri. Jadi, kalau pernyataan itu mengembalikan Kresek menjadi kampung santri sama dengan orang tobat, tobat itu kan artinya kembali, orang tobat itu orang kembali," kata Ma'ruf Amin.

Menurutnya, peran santri di wilayah Banten begitu besar, bahkan sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Ia pun mencontohkan peristiwa Geger Cilegon yang terjadi pada 1888.

"Banten juga dulunya santri yang berjuang dulu Geger Cilegon santri," ucap Wapres.

Karenanya, Ma'ruf Amin menyebut peran santri sangat penting. Hal tersebut, juga berkaitan dengan tugas pesantren, yakni menyiapkan orang-orang yang paham agama dan juga orang-orang yang bisa memakmurkan dunia.

Baca Juga: Profil Airin Rachmy Diany, Jago Golkar Dalam Pilkada Banten 2024

"Jadi, kalau santri itu pulangnya nanti supaya dakwah, jadi kalau habis pesantren tidak dakwah itu kurang. Banyak santri yang kurang karena tidak melakukan dakwah, dagang melulu," kata Ma'ruf Amin.

"Jadi santri dagang, padahal dari Allah dagang boleh tetapi dakwah jalan jadi ustadz, mengajar di madrasah, mengajar di majelis taklim," imbuhnya.

Wapres juga menekankan pesantren saat ini juga harus menjadi tempat pengembangan ekonomi.

"Memakmurkan bumi dengan apa? dengan ekonomi, perdagangan, pertanian harus ada. Kuncinya ilmu pengetahuan dan teknologi makanya sekarang pesantren-pesantren itu membuka sekolah SMK membuka pelatihan-pelatihan pendidikan vokasi," ungkap Wapres.

Peresmian Kresek menjadi kampung santri juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wapres. (ANTARA)

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #diresmikan #wapres #maruf #amin #kresek #jadi #kampung #santri

KOMENTAR