Jusuf Hamka Ngadu Ke Mahfud Utangnya 25 Tahun Tak Dibayar Negara, Ternyata Ada Yang Lebih Lama
Jusuf Hamka. (Instagram/@jusufhamka)
22:36
13 Juli 2024

Jusuf Hamka Ngadu Ke Mahfud Utangnya 25 Tahun Tak Dibayar Negara, Ternyata Ada Yang Lebih Lama

Pengusaha kawakan, Jusuf Hamka mengadukan nasih utangnya yang sudah sekitar 25 tahun belum dibayarkan oleh negara kepadanya. Ia pun menemui eks Menkopolhukam Mahfud Md di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2024).

Kedatangan Jusuf Hamka menemui Mahfud Md adalah untuk membahas terkait persoalan utang negara yang belum dibayarkan kepadanya.

Pria yang akrab disapa Babah Alun itu menemui Mahfud untuk mengonfimasi soal surat yang pernah dibuat Mahfud sebelum lengser dari kursi Menkopolhukam. Surat itu ditujukan ke Kementerian Keuangan berisi negara harus membayarkan utangnya ke warga negara.

"Pak Mahfud sebelum mengundurkan diri membuat surat kepada Kementerian Keuangan, yang mana isinya kalau nggak salah saya confirm tadi dan beliau katakan benar, bahwa surat itu dibuat kepada kementerian keuangan," kata Jusuf Hamka usai pertemuan.

Baca Juga: Diduetkan Bareng Kaesang di Jakarta, Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Bakal Atasi Persoalan Sampah Pakai Belatung

"Bahwa kalau warga negara ada utang kepada negara itu diuber-uber, bahkan bisa disandera. Terus kalau negara mempunyai kewajiban kepada warga negara itu harus segera diselesaikan, kalau tidak, ada denda yang berakibat kerugian negara tentunya akan tidak baik buat negara," tambahnya.

Menurutnya, utangnya yang dibelum dibayarkan oleh negara terdapat bunga 2 persen setiap bulannya.

Jusuf kemudian bertanya kepada Mahfud soal batas waktu negara harus membayar utangnya. Ternyata jatuh limit sampai Juni 2024 harus dibayarkan, namun hingga Juli ini belum ada kejelasan juga.

"Nah itu aja saya bilang 'Pak saya perlu konfirmasi itu dan bapak kasih time limit bulan Juni', 'betul', karena ini udah bulan Juli kami ditelepon aja belum ibarat hilalnya aja belum kelihatan, ya udah saya bilang ya," katanya.

"Bahkan beliau menyontohkan bahwa saya baru 25 tahun, ada yang 60 tahun di utang negara juga belum dibayar, yaitu yang di Medan kalau nggak salah," imbuhnya.

Baca Juga: Jusuf Hamka Soal Utang Negara Rp 800 M: Ternyata Ada Yang 60 Tahun Belum Dibayar

Mendengar penjelasan Mahfud, Jusuf mengaku sebenarnya sabar menunggu. Hanya saja dirinya merasa selama ini sudah taat terhadap negara.

"Oke' saya bilang 'Pak saya akan sabar menanti kok karena ini kewajiban negara kepada kami dan kami selama ini membayar pajak juga ratusan miliar setiap tahun tapi kenapa kami harus diperlakukan seperti ini', ini yang saya tanya ke pak Mahfud. Dia bilang saya sudah tidak dikabinet saya tidak berhak mengomentari," pungkasnya.

Untuk diketahui, adapun negara mempunyai utang terhadap Jusuf Hamka lewat PT Citra Marga Nusaphala sebesar Rp 800 miliar. Namun berdasarkan pemberitaan utang baru dibayarkan sebesar Rp 78 miliar saja.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #jusuf #hamka #ngadu #mahfud #utangnya #tahun #dibayar #negara #ternyata #yang #lebih #lama

KOMENTAR