Gandeng Komunitas dan Content Creator, Jatim Media Summit 2024 Gelar Roadshow di Tiga Kota
Jatim Media Summit 2024. (Suara.com)
10:12
11 Juli 2024

Gandeng Komunitas dan Content Creator, Jatim Media Summit 2024 Gelar Roadshow di Tiga Kota

Setelah sukses dengan gelaran perdana pada tahun lalu, event Jatim Media Summit (JMS) kembali siap digelar untuk tahun kedua pada bulan Juli ini. Kali ini, kegiatan yang diinisiasi bersama Beritajatim.com dengan dukungan International Media Support (IMS) tersebut mengawalinya dengan roadshow berupa rangkaian workshop menarik di tiga kabupaten/kota di Jawa Timur.

Ketiga kota yang akan segera diramaikan oleh event Roadshow JMS 2024 itu masing-masing adalah Bojonegoro, Malang, serta Jember.

Rangkaian workshop dalam roadshow ini akan menghadirkan topik "Kiat Memproduksi Konten Digital dengan Teknologi AI Berbasis Fakta dan Data", menampilkan di masing-masing kota setidaknya dua pembicara menarik yang terdiri dari praktisi dan pakar.

Roadshow Bojonegoro akan mengawalinya pada Senin, 15 Juli 2024, bertempat di kampus Universitas Bojonegoro (Unigoro). Rencananya, akan hadir berbicara dan membagikan pengetahuan serta tipsnya di sini masing-masing yaitu Andre Yuris (jurnalis Tempo dan trainer Cek Fakta Google News Initiative), serta Dr. Esther Irawati Setiawan (pakar dan peneliti Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya/ISTTS).

Baca Juga: Keseruan Jatim Media Summit 2023:Peluang dan Tantangan Bisnis Media di Jawa Timur

Selanjutnya pada Rabu 17 Juli, giliran Malang akan disambangi oleh kegiatan Roadshow JMS 2024, tepatnya berlokasi di Mini Block Office Kota Malang. Masih dengan topik yang sama, di kota ini yang akan tampil berbicara dan membagikan ilmunya ada Eva Danayanti (IMS Indonesia Program Manager), Ardalina Luvitasari Candra Gunawan M.I.Kom (Kepala Digital Marketing ISTTS), serta pembicara dari Ngalup.co (Ngalup Collaborative Network).

Terakhir, pada Jumat 19 Juli, Roadshow JMS 2024 bakal digelar di Jember, yaitu tepatnya di Pendopo Kabupaten Jember. Dua pembicara pada workshop di kota ini juga sama-sama hebat dan menariknya, maisng-masing yaitu Ika Ningtyas (trainer Cek Fakta Google News Initiative yang juga jurnalis Tempo), serta Ardalina Luvitasari.

Acara di masing-masing kota akan dimulai di pagi hari pukul 09.00 WIB (registrasi mulai pukul 8.30), serta akan diakhiri pada jam istirahat siang. Target peserta khususnya adalah para mahasiswa, pelajar, content creator, jurnalis, juga para pekerja yang tertarik atau terlibat dalam produksi konten digital, serta publik pada umumnya. Dibutuhkan registrasi untuk mengikuti event ini, dengan pendaftar sejauh ini cukup membludak mencapai puluhan orang di masing-masing kota.

Pemimpin Redaksi Suara.com yang juga CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono, mengungkapkan, bahwa ide pelaksanaan Roadshow JMS 2024 ini salah satunya berkaca pada antusiasme dan suksesnya penyelenggaraan JMS pada Mei tahun lalu.

Saat itu, ada banyak sekali perwakilan media sekaligus peminat seluk-beluk industri media seantero Jawa Timur yang hadir. Makanya, kali ini disepakati untuk sekalian menggelar roadshow terlebih dulu sebelum puncak acara JMS 2024.

Baca Juga: Sukses Digelar Lewat Dukungan Berbagai Pihak, Jatim Media Summit 2023 Diakui Sangat Bermanfaat dan Membuka Wawasan

"Kita juga merasa bahwa tidak saja karena ingin berbagi ilmu dan pengetahuan secara langsung kepada komunitas di daerah-daerah, namun perlu memperkenalkan lebih dekat lagi media-media yang ada, terutama yang berbasis di Jawa Timur khususnya, beserta kerja-kerja maupun produknya kepada audiens masing-masing," kata Suwarjono, sembari menambahkan bahwa event puncak JMS 2024 sendiri direncanakan berlangsung pada 25-26 Juli di Surabaya.

Dalam keterangan senada, CEO Beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto, pun mengarisbawahi pentingnya kegiatan seperti roadshow ini sebagai bagian dari penguatan ekosistem media lokal di Jawa Timur.

"Kita, baik kami sendiri dari Beritajatim, maupun kawan-kawan media masing-masing di Bojonegoro, Malang, dan Jember, dengan begini akan dapat berinteraksi langsung, sembari berbagi pengalaman dengan komunitas audiens yang ada," ucap Luki, sapaan akrabnya.

Terkait sasaran atau target dari kegiatan yang sebagian adalah generasi muda, khususnya mahasiswa dan pelajar, di mana sebagiannya adalah para content creator atau peminatnya, baik Suwarjono maupun Luki sama-sama menambahkan adanya tujuan mulia lain dari pelaksanaan event ini.

"Salah satunya adalah sebagai upaya kita untuk membekali publik atau komunitas audiens kita dengan pengetahuan dan keterampilan positif yang bermanfaat, dalam hal ini terkait produksi konten digital dengan teknologi AI berbasis fakta dan data," kata Suwarjono.

"Hal lain, pada satu sisi kami sekaligus mencoba menjembatani interaksi dan relasi dari kegiatan ini, terutama bagi para generasi muda yang mungkin saja kelak bisa menyalurkan bakatnya atau bekerja di industri media. Di sisi lain, bagi kalangan pengelola media lokal khususnya, ini juga membuka kemungkinan bertemu dengan SDM berbakat atau potensi kreator penyuplai konten ke depannya, yang setidaknya dari ajang ini sudah mendapat salah satu bekal kemampuan," tambah Luki.

Sehubungan dengan upaya memperkuat hubungan antara media lokal dengan audiensnya tersebut, yang pada ujungnya menjadi salah satu faktor penyokong pengembangan bisnis media, Eva Danayanti selaku Program Manager IMS di Indonesia menyatakan bahwa aspek ini memang yang menjadi salah satu fokus dukungan lembaganya.

"Selain membahas produksi konten, kegiatan roadshow JMS 2024 ini memang juga bersinggungan dengan pengembangan audiens yang notabene adalah salah satu elemen penting bagi keberlangsungan bisnis media," ujarnya.

Eva sendiri, selain akan turut tampil berbicara dalam salah satu bagian Roadshow JMS 2024 di Kota Malang, mengaku juga sudah merancang sebuah kegiatan workshop terbatas terkait Business Model Canvas (BMC) dalam waktu dekat di Surabaya. Menghadirkan Danny Yong (IMS Media Business Advisor), kegiatan yang akan mengundang perwakilan 10 media terseleksi di Jawa Timur itu direncanakan digelar pada 24-25 Juli di Surabaya, atau dimulai tepat sehari sebelum pembukaan JMS 2024.

Selain dukungan dari IMS dan keterlibatan ISTTS, Roadshow JMS 2024 di tiga kota sejauh ini sudah mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak, terutama dari stakeholder di masing-masing kotanya. Antara lain yaitu dukungan dari Pemkab Bojonegoro, PT Asri Dharma Sejahtera (BUMD Bojonegroo), Universitas Bojonegoro; dari Pemkot Malang, Times Indonesia, Ngalup.co; serta dari Pemkab Jember dan Universitas Jember. Sementara untuk puncak kegiatan JMS 2024 di Surabaya, saat ini juga sudah menerima dukungan dari banyak pihak, mulai dari kalangan pemerintahan, swasta, akademik, dan lainnya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #gandeng #komunitas #content #creator #jatim #media #summit #2024 #gelar #roadshow #tiga #kota

KOMENTAR