Minta Tanggung Jawab Gunakan Uang Rakyat, Jokowi: WTP Bukan Prestasi tapi Kewajiban
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat kepada jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang dicapai dalam laporan keuangan pemerintah tahun ini. (Suara.com/Novian)
11:28
8 Juli 2024

Minta Tanggung Jawab Gunakan Uang Rakyat, Jokowi: WTP Bukan Prestasi tapi Kewajiban

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat kepada jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang dicapai dalam laporan keuangan pemerintah tahun ini. Meski begitu, Jokowi mengingatkan bahwa WTP bukan prestasi.

Lebih dari prestasi, Jokowi menegaskan bahwa capaian WTP merupakan keharusan. Hal itu disampaikannya dalam sambutan di acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023 dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2024).

"Sudah sering saya sampaikan bahwa WTP bukan prestasi. Tapi WTP adalah kewajiban kita semua. Kewajiban menggunakan APBN secara baik. Ini uang rakyat. Ini uang negara," kata Jokowi.

Jokowi menekankan kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah bahwa penggunaan uang negara tersebut akan diaudit setiap tahun.

Baca Juga: Sama-sama Pernah Satu Mobil dengan Megawati, Beda Cerita Ganjar Pranowo dengan Jokowi: Ada yang Kena Tegur

"Kita harus merasa, setiap tahun, ini pasti diaudit. Pasti diperiksa. Jadi sekali lagi, kewajiban menggunakan APBN dan APBN secara baik dan juga kewajiban menjalankan APBN dan APBD secara baik," kata Jokowi.

"Serta kewajiban mempertanggungjawabkannya secara baik pula," sambung Jokowi.

Jokowi sebelumnya menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta terima kasih kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

"Yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkat profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan," kata Jokowi.

Baca Juga: Kuasa Hukum Beberkan Maksud SYL Ucapkan Terima Kasih kepada Jokowi dan Surya Paloh di Sidang

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #minta #tanggung #jawab #gunakan #uang #rakyat #jokowi #bukan #prestasi #tapi #kewajiban

KOMENTAR