Jokowi Dan Pimpinan MPR Gelar Pertemuan Di Istana, Bahas 3 Agenda Ini
Jokowi menggelar pertemuan dengan pimpinan MPR RI di Istana, Jumat (28/6/2024) pagi. (Foto: Ist)
14:08
28 Juni 2024

Jokowi Dan Pimpinan MPR Gelar Pertemuan Di Istana, Bahas 3 Agenda Ini

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyambangi Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (28/6/2024). Kehadiran mereka untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pertemuan Presiden Jokowi dan pimpinan MPR Jumat pagi itu dalam rangka forum konsultasi yang membahas sejumlah hal.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan pesan Jokowi di dalam pertemuan. Jokowi menegaskan pentingnya komunikasi antarlembaga untuk membangun sinergi nasional.

“Bapak presiden menegaskan pentingnya komunikasi antarlembaga negara untuk membangun sinergi nasional, untuk menjaga agar Indonesia selalu kokoh dalam menghadapi situasi global yang tidak menentu,” kata Pratikno dalam keterangan pers, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Ulah Peretas PDN Bikin Repot, Menkominfo Ngaku Bakal Ngadu ke Jokowi saat Ratas Besok

Pertemuan presiden dan pimpinan MPR sekaligus membahas rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI. Jokowi menyampaikan sidang-sidang terkait peringatan tersebut akan digelar seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Bapak presiden menegaskan bahwa sidang-sidang dalam Peringatan Kemerdekaan HUT RI agar tetap seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2025,” kata Pratikno.

Jokowi menyampaikan tata upacara militer Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan peserta terbatas. Pada saat yang sama, akan diselenggarakan juga upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

“Perihal undangan pimpinan MPR RI kepada bapak presiden untuk hadir pada Peringatan Hari Konstitusi pada tanggal 18 Agustus 2024 malam di Jakarta, Presiden menyatakan akan mengatur waktu untuk bisa hadir,” ujar Pratikno.

Terpisah, dalam konferensi pers usai pertemuan, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menyampaikan ada tiga agenda yang dibahas dalam pertemyan yang bersifat rapat konsultasi antara pimpinan lembaga tersebut.

Baca Juga: Jelang Jabatan Presiden Lengser, KontraS Bongkar 'Utang' Jokowi ke Korban Kasus HAM Berat Masa Lalu

Pertama, ialah membahas rencana pelaksanaan sidang tahunan MPR RI. Basarah berujar presiden dan pimpinan MPR menyepakati hadir di sidang tahunan MPR pada 16 Agustus 2024 yang bertempat di Gedung DPR/MPR.

"Yang proses atau metode persidangannya telah diputuskan sama dengan sidang tahunan MPR di tahun sebelumnya," ujar Basarah.

Agenda kedua yang dibahas adalah rencana Peringatan Kemerdekaan HUT RI pada 17 Agustus 2024 yang diselenggarakan di dua tempat, yakni di Istana Merdeka Jakarta dan Istana di Ibu Kota Nusantara (IKN)

"Ketiga, kami juga bahas rencana peringatan hari konstitusi 18 agustus 2024 yang akan datang," kata Basarah.

Selain Basarah, pimpinan MPR yang turut hadir dalam pertemuan dengan presiden di antaranya Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan wakil-wakil Ketua MPR mulai dari Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Muhammad Hidayat Nur Wahid, Yandri Susanto, Muhammad Amir Uskara, dan Fadel Muhammad. Turut hadir juga Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah.

Sementara mendampingi Jokowi di dalam pertemuan, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #jokowi #pimpinan #gelar #pertemuan #istana #bahas #agenda

KOMENTAR