Ditanya soal Buronan Harun Masiku, Menkumham Yasonna Laoly: Saya Gak Tahu
(Suara.com/Novian)
16:16
20 Juni 2024

Ditanya soal Buronan Harun Masiku, Menkumham Yasonna Laoly: Saya Gak Tahu

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengaku tidak tahu ihwal perkembangan pencarian buron Harun Masiku

Yasonna menyatakan tidak tahu saat ditanya posisi Harun apakah terpantau pihak Imigrasi.

"Itu saya enggak tahu (keberadaan Harun Masiku)" kata Yasonna di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Yasonna tidak berkomentar banyak dan hanya menegaskan tidak tidak tahu saat ditanya lebih lanjut soal Harun Masiku. 

Baca Juga: Usai Pimpinan KPK Beri PHP, Giliran Istana Pede Sebut Harun Masiku Dalam Waktu Dekat Bisa Ditangkap

"Saya enggak tahu," ujar Yasonna.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly. (Suara.com/Bagaskara)Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly. (Suara.com/Bagaskara)

Istana Yakin Harun Masiku Segera Ditangkap

Sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan meyakini jika buronan Harun Masiku yang berstatus tersangka kasus suap dalam waktu dekat akan ditangkap oleh penyidik KPK. Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, semestinya penyidik KPK sudah bisa menangkap Harun Masiku yang diketahui sudah empat tahun menjadi buronan.   

“Ya mestinya (KPK bisa menangkap Harun Masiku). Mestinya bisa," kata Moeldoko saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Keyakinan Moeldoko tampaknya berbeda jauh dengan realitasnya. Sebab, hingga kekinian KPK belum bisa menyeret Harun Masiku ke penjara.

Baca Juga: Diperiksa Gegara Tukang Kritik Istana? Moeldoko Ungkap Alasan Hasto Kristiyanto Berurusan dengan KPK

Pimpinan KPK PHP soal Harun Masiku

Apalagi, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada Selasa (11/6/2024) lalu sempat koar-koar jika Harun Masiku bakal segera ditangkap dalam waktu satu minggu. Alexander seolah hanya pemberi harapan palsu (PHP) karena ucapannya tidak bisa dibuktikan. Pasalnya, sudah sepekan lewat Harun Masiku belum juga ditangkap oleh penyidik KPK. 

Ilustrasi Harun Masiku, buronan KPK. [Suara.com/Emma]Ilustrasi Harun Masiku, buronan KPK. [Suara.com/Emma]

Terkait hal itu, Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika mengaku telah menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik yang melakukan pengejaran kepada Harun Masiku. 

"Saya pikir, itu nanti kami serahkan kepada penyidik ya untuk bagaimana prosesnya, strateginya, dan taktiknya," kata Tessa kepada wartawan, dikutip pada Kamis (20/6/2024).

Dia menegaskan bahwa pernyataan Alexander Marwata sebelumnya hanya merupakan harapan agar Harun Masiku bisa segera ditemukan, bukan indikasi bahwa KPK sudah mengetahui keberadaan Harun Masiku.

"Kembali lagi kami berharap sebagaimana harapan pimpinan kami Pak Alex Marwata untuk tersangka HM bisa segera ditemukan," ujar Tessa.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ditanya #soal #buronan #harun #masiku #menkumham #yasonna #laoly #saya #tahu

KOMENTAR