Cak Imin: Saya Dapat Kabar Banyak Kades Sedang Alami Ancaman Kriminalisasi
Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) setelah mengikuti acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) terhadap capres-cawapres di Pilpres 2024 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).(KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)
06:02
18 Januari 2024

Cak Imin: Saya Dapat Kabar Banyak Kades Sedang Alami Ancaman Kriminalisasi

- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mendengar kabar bahwa banyak kepala desa (kades) mendapat ancaman kriminalisasi.

Pria yang karib disapa Cak Imin ini lantas menegaskan bahwa tidak boleh ada pemberantasan korupsi yang berdasarkan kriminalisasi.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin usai menghadiri acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024) malam.

Awalnya, Cak Imin mengatakan pemberantasan korupsi harus ditegakkan dan lurus sesuai aturan.

Dia menekankan agar jangan sampai ada penegakkan korupsi berbau kriminalisasi.

"Saya mendapatkan kabar ada beberapa, banyak kepala desa sedang mengalami ancaman kriminalisasi, tindakan-tindakan seolah-olah pemberantasan korupsi," ujar Cak Imin.

Cak Imin mengatakan, hal tersebut tidak boleh terjadi setiap menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Namun, Cak Imin tidak membeberkan oknum aparat penegak hukum (APH) mana yang diduga melakukan intimidasi tersebut. Termasuk, kapala desan (kades) mana saja yang terindikasi sedang alami intimidasi.

"Ini tidak boleh terjadi menjelang pemilu, tolong tidak ada pemberantasan korupsi berdasarkan kriminalisasi," katanya.

Editor: Adhyasta Dirgantara

Tag:  #imin #saya #dapat #kabar #banyak #kades #sedang #alami #ancaman #kriminalisasi

KOMENTAR