Elon Musk Kembali Pakai Batik Bomba di Forum Indonesia, Outfit Favorit?
Pendiri dan CEO Tesla Motors Elon Musk. [Dok.Antara]
11:48
20 Mei 2024

Elon Musk Kembali Pakai Batik Bomba di Forum Indonesia, Outfit Favorit?

Pendiri SpaceX Elon Musk kembali mengikuti forum yang digelar di Indonesia. Kali ini, ia akan menghadiri langsung acara World Water Forum (WWF) ke-10 Bali yang digelar di Bali. 

Elon Musk sudah di Indonesia sejak Minggu (19/5/2024). Bos platform X ini bakal menjadi pembicara di gelaran WWF yang rencananya dibuka oleh Presiden Jokowi pada Senin 20 Mei 2024.

Elon memamerkan kegiatannya lewat akun X @elonmusk, Senin (20/5/2024). Dalam video, terlihat Elon Musk mengenakan batik berwarna hijau.

Elon Musk (tengah, pakaian hijau), entrepreneur Amerika Serikat, CEO sederet perusahaan teknologi, otomotif, dan antariksa tampak berbincang dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (pakaian biru) pada acara uji coba layanan internet berbasis satelit LEO, di Puskemas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2024) [ANTARA/Putu Indah Savitri]Elon Musk (tengah, pakaian hijau) di Puskemas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2024). [ANTARA/Putu Indah Savitri]

"Bringing connectivity to remote communities radically improves access to education and economic opportunities," tulis sang miliarder.

Outfit yang dipakai Elon Musk saat meresmikan layanan internet Starlink Puskesmas Pembantu, Denpasar tersebut menuai sorotan. Rupanya, dia memakai batik yang berasal dari Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Elon Musk ternyata juga pernah memakai batik yang sama dalam forum yang diselenggarakan di Indonesia. Ketika itu, Elon secara virtual hadir dalam rangkaian B20 Summit yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Senin (14/11/2022).

Batik Donggala tersebut berasal dari desa kecil yang juga tempat dengan banyak nikel. Batik ini lebih dikenal sebagai batik motif Bomba merupakan tenun khas kabupaten tersebut. 

Jenis motif yang dipakai Elon Musk adalah Buya Bomba. Motif tersebut sering dipakai untuk pernikahan dan acara-acara pemerintahan, namun saat ini sudah dimodifikasi untuk fesyen jadi bisa dipakai ke acara apa pun.

Kain tenun Donggala dalam perkembangannya sejak masa pendudukan Belanda. Tenun ini merupakan perpaduan antar kerajaan-kerajaan di Sulteng dan Bugis pada saat itu. 

Dari perpaduan antar kerajaan ini dihasilkan kain tenun Donggala yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat dan lambang status sosial masyarakat.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #elon #musk #kembali #pakai #batik #bomba #forum #indonesia #outfit #favorit

KOMENTAR