Hasil Pertemuan Syaikhu-Cak Imin: PKS dan PKB Sepakat Berkoalisi di Pilkada 2024
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menerima elite PKS. (Suara.com/Rakha)
22:16
25 April 2024

Hasil Pertemuan Syaikhu-Cak Imin: PKS dan PKB Sepakat Berkoalisi di Pilkada 2024

Pertemuan antara elite DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kantor PKB, Jakarta Pusat, sudah rampung dilaksanakan.

Pertemuan yang dihadiri oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar beserta jajaran elite PKS-PKB tersebut menghasilkan kesepakatan. Kedua partai tersebut sepakat untuk bekerja sama di ajang Pilkada 2024.

"Tentu kita ingin terus bekerja sama, baik di legislatif maupun di eksekutif. Kalau tidak eksekutif pusat, ya di eksekutif daerah, sebelum eksekutif tentu ada koalisi-koalisi di tingkat Pilkada," ujar Muhaimin saat konferensi pers di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2024) malam.

Muhaimin atau yang kerap disapa Cak Imin itu mengaku PKB punya banyak pengalaman bekerja sama dengan PKS.

"Insyaallah kita juga akan cari jalan supaya bisa berkoalisi kita punya pengalaman banyak berkoalisi bersama PKS," ucap Cak Imin.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi menerangkan pertemuan malam ini menghasilkan keputusan bahwa PKS-PKB akan berkolaborasi dalam Pilkada 2024.

"Di antara pembicaraan kita yang paling menarik itu adalah pasca pilpres ini mau ke mana kita. Dan di mana kita bagaimana langkah kita, tetapi yang cepat sudah putus adalah kolaborasi pilkada Saya tawarkan PKB," kata Aboe.

Aboe mengklaim PKS siap memenangkan calon di sejumlah wilayah yang selama ini didominasi oleh pemilih PKB.

"Kita siap dan kita akan kerja sama di banyak daerah khususnya Jawa Timur, Jawa Tengah, markas-markas nya PKB kita siap membantu," papar Aboe.

Selain itu, Aboe menuturkan bahwa PKS-PKB sepakat bekerja sama di Senayan dalam proses pembentukan Undang-Undang.

"Selanjutnya kita akan coba ke depan, membangun kerja sama di parlemen dengan Undang-Undang yang bisa lebih positif, lebih mendinamika masyarakat lebih baik lagi," tutur Aboe.

Sebelumnya diberitakan, Ahmad Syaikhu dan rombongan elite PKS bertandang ke kantor DPP PKB Kamis (25/4/2024) malam.

Pantauan di lokasi, Syaikhu dan sejumlah elite PKS tiba pukul 19.08 WIB. Syaikhu tampak didampingi oleh Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi.

Mereka disambut oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin beserta Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid serta Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal.

Setelahnya, Syaikhu dan rombongan masuk ke ruangan untuk mengadakan pertemuan tertutup.

Kerja Sama untuk Pilkada

Untuk diketahui, PKB sebelumnya sudah menjalin kerja sama dengan Partai NasDem untuk kepentingan Pilkada 2024.

Keputusan kerja sama itu muncul saat Cak Imin beserta elite PKB bertandang ke NasDem Tower pada Selasa (23/4/2024).

Di sisi lain, PKS juga sudah mendatangi NasDem Tower untuk bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh pada Rabu (24/4/2024). Usai pertemuan, Paloh menyatakan NasDem terbuka bekerja sama dengan PKS saat Pilkada 2024.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #hasil #pertemuan #syaikhu #imin #sepakat #berkoalisi #pilkada #2024

KOMENTAR