Mahfud Usul Ubah Nama KPK Jika Terpilih di Pilpres 2024
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat memberikan sambutan di acara GBI di Jalan Jamin Ginting Kota Medan, Minggu (14/1/2024). (KOMPAS.com/RAHMAT UTOMO)
13:12
16 Januari 2024

Mahfud Usul Ubah Nama KPK Jika Terpilih di Pilpres 2024

- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengusulkan gagasan mengganti nama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tujuan memperkuat citra sebagai lembaga penegak hukum.

Mahfud menganggap kata komisi pada KPK terkesan kurang menguatkan citra sebagai lembaga penegak hukum yang tugas utamanya menghadapi korupsi.

“Mungkin namanya seperti diusulkan bisa menjadi badan atau lembaga, atau apa gitu. Jangan komisi, karena komisi itu biasanya dianggap jangka pendek. Meskipun tergantung pada maksud pembuatnya ya," kata Mahfud MD di sela-sela kunjungannya ke Sumatera Utara, Medan, Senin (15/1/2024), seperti dikutip dari kanal YouTube Kompas TV.


Mahfud menyatakan dia dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen menguatkan posisi KPK jika terpilih dalam Pilpres 2024.

"Kalau dikuatkan ya dikuatkan sekalian, ya kita kuatkan aja, dan kita bisa usulkan itu, dan itu sudah ada di program kami,” ujar Mahfud.

Dia juga mengatakan akan memperjuangkan KPK untuk menjadi lembaga independen, jika terpilih dalam Pilpres 2024.

“Iya kita perjuangkan agar KPK independen,” ucap Mahfud.

Tag:  #mahfud #usul #ubah #nama #jika #terpilih #pilpres #2024

KOMENTAR