Sambut Mata Lokal Fest 2024, Simak Kilas Balik Mata Lokal Award 2022
Sandiaga Uno saat memberikan pidato di Mata Lokal Award 2022 (27/7/23), Kemenparekraf dianugerahi penghargaan Kolaborator Tribun Network. 
15:37
23 April 2024

Sambut Mata Lokal Fest 2024, Simak Kilas Balik Mata Lokal Award 2022

Mata Lokal Fest yang bertajuk “Local Thriving in Digital Era” merupakan perpanjangan tangan dari Mata Lokal Award edisi perdana yang digelar pada Jumat, 27 Januari 2023 silam di Grand Ballroom, Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta. 

Berkembang menjadi acara yang menghadirkan lebih banyak pengalaman lokal, Mata Lokal Fest menghadirkan rangkaian acara. Pertama, sesi Collaborator Talk yang menggandeng pelaku industri untuk berbagi gagasan tentang industri dan pemberdayaan lokal. Kemudian ada Local Experience dengan pengalaman lokal seutuhnya yang dihadiri oleh brand dan komunitas lokal. Terakhir, ajang penghargaan bergengsi Mata Lokal Award yang sukses digelar di edisi sebelumnya.

Menilik kembali Malam Anugerah Mata Lokal Award pada Januari 2023 lalu, acara ini dihadiri oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Budi Arie Setiadi (Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) dan Ir. Suharti, M.A., Ph.D. (Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek). Ketiga instansi tersebut menerima penghargaan sebagai Kolaborator Tribun Network. 

Ajang penghargaan Mata Lokal Award mengapresiasi entitas bisnis, perseorangan, dan instansi yang melalui karya dan kontribusi untuk Indonesia dalam skala lokal maupun nasional. Karya-karya ini kemudian dikurasi oleh panelis juri antara lain Lembu Wiworo Jati (Executive Creative Director FCN-Finch), Defri Dwipaputra (Executive Creative Director of Dentsu Creative), Dian Gemiano (CMO of KG Media) dan Dahlan Dahi (CEO Tribun Network). Pada gelaran Mata Lokal Award tahun ini, keempat nama di atas masih setia mengisi panelis juri. 

Total belasan nama menyabet predikat sebagai pemenang Mata Lokal Award 2022. Di kategori Impact, ada BSI (PT Bank Syariah Indonesia Tbk) melalui Program Desa BSI memenangkan Brand Paling Berdampak di Bidang Kewirausahaan, Schneider (Schneider Electric Indonesia) dengan #GreenHeroesforLife sebagai Brand Paling Berdampak di Bidang Lingkungan.

Kategori Campaign (kampanye) di bidang teknologi, pemenang disabet oleh HP Indonesia (PT. Hewlett Packard Indonesia atas product Victus by HP) dengan HP Lokal Deal sebagai Kampanye Mixed Media Terbaik dengan Tema Teknologi. Kemudian, Grab (Grab Indonesia) dengan program Grab PercayaProjeX meraih predikat Kampanye Aktivasi Terbaik dengan Tema Teknologi.

Kampanye edukasi, PT Akulaku Finance Indonesia (Akulaku Paylater) memenangkan Kampanye Aktivasi Terbaik dengan Tema Edukasi lewat program Generasi Muda Semua Bisa. Selanjutnya, di bidang lingkungan, Le Minerale, PT. Mayora Indah Tbk dengan Gerakan Ekonomi Sirkular meraih Kampanye Mixed Media Terbaik dengan Tema Lingkungan.

Pada tema kewirausahaan, deretan karya terbaik antara lain XL Axiata dengan program Sispreneur menyabet Kampanye Mixed Media Terbaik dengan Tema Kewirausahaan, Sampoerna (PT. HM SAMPOERNA, TBK) dengan Festival UMKM #BangkitWirausaha menyabet predikat Kampanye Digital Terbaik dengan Tema Kewirausahaan.

Disusul BRI (Bank BRI)  dengan Pesta Rakyat Simpedes 2022 meraih Kampanye Aktivasi Terbaik dengan Tema Kewirausahaan. Lalu, pada kategori konten, salah satu karya terbaik antara lain Vivo (PT. VIVO Mobile Indonesia) melalui Vivo X80 Series meraih Konten Video Terbaik dengan Tema Teknologi. 

Selain nama-nama di atas, Mata Lokal Award juga menganugerahkan gelar MVP (Most Valuable Person) untuk sosok-sosok inspiratif seperti Yu Sing (Founder Studio Akanoma), Veronica Colondam (Yayasan Cinta Anak Bangsa), dan Ibrahim Mochamad Bafagih (Komunitas Tangan di Atas).

Para pemenang mendapatkan trofi dan sertifikat Mata Lokal Award. Trofi Mata Lokal Award diambil dari bentuk kepala Lembuswana, hewan mitologi kendaraan Mulawarman. Sosok ini menjadi simbol kejayaan sehingga para pemenang Mata Lokal Award diharapkan dapat meneruskan keberhasilan dalam kebaikan dan menciptakan dampak baik bagi sekitar. 

"Kami yakin dukungan dari jaringan Tribunnews sebagai mata lokal yang menjangkau Indonesia sangat powerful dan impactful," ucap Sandiaga Uno dalam pidatonya. 

Ajang Mata Lokal Award menandai awal baru bagi Tribunnews bersama jaringan Tribun Network untuk menyebarkan nilai dan menciptakan dampak baik bagi sesama. Ajang ini juga menjadi cikal bakal Mata Lokal Fest yang akan menyajikan lebih banyak pengalaman lokal, serta membawa pesan pemberdayaan untuk lokal di tengah era gempuran digital. 

Di edisi kali ini, kami mengajak Anda menunjukkan karya-karya terbaik berdampak. Segera daftarkan diri di matalokalfest.com dan raih trofi bergengsi Mata Lokal Award tahun ini!

Editor: Brand Creative Writer

Tag:  #sambut #mata #lokal #fest #2024 #simak #kilas #balik #mata #lokal #award #2022

KOMENTAR