Sebanyak 3.763 WNI Berangkat ke Malaysia Via Pelabuhan Dumai Selama Libur Lebaran
Suasana masyarakat Riau saat bernagkat menuju Malaysia melalui Pelabuhan Laut Internasional Dumai selama libur hari raya Idul Fitri 1445 H. [Antara/HO-Humas KanwiL Kemenkumham Riau]
06:32
18 April 2024

Sebanyak 3.763 WNI Berangkat ke Malaysia Via Pelabuhan Dumai Selama Libur Lebaran

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Budi Argap Situngkir mengatakan sebanyak 3.763 orang melintasi perbatasan Indonesia dan Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Dumai selama libur lebaran Idul Fitri 2024.

"Jajaran Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau pada 8 hingga 14 April telah melakukan pemeriksaan imigrasi sebanyak 3.763 orang di Pelabuhan Dumai dengan tujuan keberangkatan dan kedatangan dari Melaka, Port Dickson dan Muar," kata Budi Argap dalam keterangan yang diterima Antara di Pekanbaru, Rabu (17/4/2024).

Menurut Budi, sebanyak 3.763 penumpang itu merupakan akumulasi dari keberangkatan sebanyak 1.911 orang dan kedatangan sebanyak 1.852 orang.

Dengan demikian, Melaka masih menjadi tujuan favorit masyarakat Riau yang menyeberang ke Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Dumai yakni keberangkatan sebanyak 1.540 orang dan kedatangan sebanyak 925 orang pada periode ini.

Berdasarkan data sebanyak 251 orang Warga Negara Asing pergi ke Malaysia dan sebanyak 413 orang berkunjung ke Indonesia.

"Jumlah kunjungan ini banyak menunjukkan bahwa masyarakat Riau banyak yang memanfaatkan momen libur Lebaran untuk mengunjungi sanak saudara yang berada di negeri jiran atau berwisata di negara tetangga itu," katanya.

Disamping itu pada periode yang sama sebanyak 9.817 orang melakukan perlintasan Indonesia-Malaysia melewati pemeriksaan imigrasi Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Ia mengatakan bahwa petugas Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik dan pelintas batas baik melalui jalur laut maupun udara.

"Berdasarkan laporan petugas di lapangan tidak terdapat gangguan keamanan maupun pelanggaran administrasi keimigrasian selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1445H. Kami pastikan bahwa pasca Idul Fitri pelayanan Keimigrasian tetap berjalan seperti biasa, pelayanan pembuatan paspor, pengawasan terhadap orang asing terutama persiapan dalam menghadapi agenda nasional dan internasional di Provinsi Riau," demikian Budi Argap. (Antara)

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #sebanyak #3763 #berangkat #malaysia #pelabuhan #dumai #selama #libur #lebaran

KOMENTAR