Tetap Waspada Jalani Arus Balik Lebaran 1445H, Begini Perkiraan Cuaca dari BMKG
Antrian panjang mobil saat akan memasuki gerbang tol Cikampek Utama arah Jakarta, Minggu (14/4/2024). Pemerintah menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way, contraflow, dan ganjil-genap untuk mengurai kepadatan lalu lintas arus balik Lebaran 2024. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
09:08
16 April 2024

Tetap Waspada Jalani Arus Balik Lebaran 1445H, Begini Perkiraan Cuaca dari BMKG

Arus balik Lebaran usia libur panjang Idul Fitri 1445H pemudik mulai memenunuhi sejumlah ruas jalan. Pergerakan arus balik mudik Lebaran 2024 diperkirakan mencapai puncaknya hari ini, Selasa, 16 April 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi cuaca pada saat arus balik mudik lebaran masih dinamis. Masyarakat pemudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang sudah menjadwalkan perjalanan arus balik mudik lebaran hendaknya tetap meningkatkan kewaspadaannya.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan pihak BMKG memperkirakan cuaca secara umum hari ini, Selasa, 16 April 2024 kondisi cuaca cerah dan cerah berawan.

Kondisi cuaca ini sebenarnya terpantau sejak hari Rabu, 10 April 2024 yang dikategorikan oleh BMKG sebagai fase kedua, tepatnya sepekan terhitung mulai saat awal lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Meski begitu, menurut analisis pihak BMKG, prediksi kondisi cuaca akan bakal berubah sejak hari Rabu, 17 April 2024 hingga hari Selasa, 23 April 2024. Dalam sepekan itu yang disebut fase ketiga oleh pihak BMKG, untuk wilayah Indonesia bagian Utara dan Tengah berpotensi mengalami hujan dengan kategori ringan hingga sedang.

"Juga perlu di waspadai potensi tumbuhnya bibit siklon tropis atau pun siklon tropis yang terjadi di Samudra Hindia, di perairan Selatan Indonesia," ujar Dwikorita Karnawati.

Menurut pihak BMKG, dikarenakan saat ini Indonesia tengah memasuki masa pancaroba dengan arti peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Dengan begitu, pihak BMKG bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU menyiapkan opsi untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

"Semua dalam posisi stand by. BMKG juga membuka posko pelayanan selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik mudik lebaran," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Sebagai informasi, animo masyarakat yang mudik di tahun 2024 sekarang ini sangat tinggi. Pemerintah memprediksi pergerakan masyarakat yang mudik sebesar 71,7% (persen) atau sebanyak 193,6 juta orang. Angka tersebut diketahui meningkat tajam jika dibandingkan dengan mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, yakni sebesar 123,8 juta orang.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tetap #waspada #jalani #arus #balik #lebaran #1445h #begini #perkiraan #cuaca #dari #bmkg

KOMENTAR