Jokowi Akan Gelar Rapat Bahas Dampak Serangan Iran ke Israel
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 
05:31
16 April 2024

Jokowi Akan Gelar Rapat Bahas Dampak Serangan Iran ke Israel

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat intern membahas serangan Iran ke Israel Selasa 16 April 2024 hari ini.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai acara halal bihalal Golkar di DPP Golkar Slipi, Jakarta, Senin (15/4/2024).

"Bapak presiden besok akan mengadakan rapat internal mengenai ini," kata Airlangga.

Pemerintah kata Airlangga akan mempersiapkan langkah langkah untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari konflik kedua negara tersebut.

Salah satunya  dampak dari resiko tingkat suku bunga global yang tinggi dalam jangka waktu yang lama atau atau higher for longer di Amerika Serikat.

Fenomena tersebut terjadi karena volatilitas ekonomi global yang terus meningkat karena tidak stabilbya geopolitik di Timur Tengah.

"Memang juga yang dikhawatirkan kan ekonomi Amerika masih kuat dan interest rate masih tinggi di Amerika walaupun mereka berhasil menangani inflasi, tetapi mereka higher interest rates for longer, jadi itu yang harus kita antisipasi," katanya.

Meskipun demikian kata Airlangga fundamental ekonomi Indonesia sekarang kuat untuk menahan dampak yang ditimbulkan.

Selama fundamental ekonomi kuat dan politik yang solid kata dia dampak dari serangan Iran ke Israel dapat diantisipasi.

"Tetapi selama kita solid ekonominya, solid politiknya insya Allah transisi situasi ini kita bisa jaga bersama, apalagi kita tentu berharap dewan keamanan PBB bisa mengambil langkah-langkah supaya terjadi deeskalasi bukan eskalasi," katanya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #jokowi #akan #gelar #rapat #bahas #dampakserangan #iran #israel

KOMENTAR