Akibat Kebakaran Gudang Armed, Anak-anak Dilaporkan Alami Trauma
Suasana Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya yang terbakar dan meledak di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)
08:48
1 April 2024

Akibat Kebakaran Gudang Armed, Anak-anak Dilaporkan Alami Trauma

- Warga di sekitar Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) di Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor mengaku mengalami trauma akibat peristiwa kebakaran. Traumi ini banyak menimpa anak-anak.   Warga sekitar pun berharap agar ada trauma healing yang diberikan pemerintah atau TNI. Sehingga, anak-anak bisa menjalani hidup normal seperti sediakala.   “Setelah buka puasa setelah maghrib anak-anak mereka istri semua mereka nangis. Karena ledakannya sangat keras rumah kita itu kacanya semuanya bergetar jadi plafon turun semua kaca pecah jadi itu yang mengakibatkan anak-anak nangis histeris dan kemudian trauma mereka bahkan sampai saat ini takut,” kata Fendhi Munawan selaku Ketua RW 051 di klaster Visalia di Kota Wisata, Senin (1/4).  

  Fendhi mengatakan, ledakan terjadi begitu saja dan sangat keras. Ledakan pun terjadi berulang-ulang. Sehingga, anak-anak menjadi ketakutan, dan menyebabkan trauma.   Sebelumnya, Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) di Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami kebakaran. Api dikabarkan mulai muncul pada pukul 18.35 WIB.   Danton Pleton B Damkar Kota Bekasi, Haryanto membenarkan adanya peristiwa ini. Namun, kondisi api masih liar sehingga belum bisa dimitigasi.   "Kita sudah luncurkan juga dari kota kita baru mendorong 3 di sana," kata Haryanto saat dikonfirmasi, Sabtu (30/3).   Sementara, Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan menduga jika penyebab kebakaran di Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) berasal dari amunisi yang sudah kadaluarsa. Kandungan bahan kimia di dalam amunisi ini diduga menjadi pemicu hingga terjadi ledakan.   "Pemicu dari ledakan karena amunisi yang sudah kadaluarsa dan akan dikembalikan. Sebenarnya kami sudah mengusulkan untuk penghapusan dari awal tahun kemarin, tapi karena butuh proses. Ini kemungkinan karena bahan peledak adalah bahan kimia yang sangat labil," kata Hasan.   Di gudang ini juga terdapat sistem kelistrikan yang bisa terbakar. Namun, melihat kondisi terkini, sumber awal kebakaran berasa dari ledakan amunisi.    

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #akibat #kebakaran #gudang #armed #anak #anak #dilaporkan #alami #trauma

KOMENTAR