Korlantas Polri Bentuk Tim Urai Kemacetan Mudik Lebaran, Beroperasi Pada Jam Rawan
Ilustrasi Korlantas Polri bentuk tim urai kemacetan arus mudik lebaran. [Antara/HO-Korlantas Polri].
20:12
26 Maret 2024

Korlantas Polri Bentuk Tim Urai Kemacetan Mudik Lebaran, Beroperasi Pada Jam Rawan

Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri akan membentuk tim urai kemacetan untuk menjaga kelancaran arus mudik lebaran Idul Fitri 2024. Tim tersebut akan melaksanakan tugasnya dengan menggunakan sepeda motor.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut pihaknya telah menyiapkan 500 kendaraan sepeda motor untuk didistribusikan ke beberapa Polda.

"Kami distribusikan 500 kendaraan roda dua untuk mendukung Sub Satgas Urai Macet sehingga bisa memaksimalkan, memperlancar, menjamin keselamatan masyarakat pada saat mudik," kata Aan kepada wartawan, Rabu (26/3/2024).

Dalam pelaksanaan tugasnya, kata Aan, tim urai kemacetan ini bertanggung jawab untuk menertibkan gangguan lalu lintas yang terjadi selama masa mudik. Salah satunya berdasar hasil evaluasi mudik tahun lalu kemacetan kerap terjadi akibat banyaknya kendaraan yang berhenti di bahu jalan.

"Melihat analisis dan evaluasi tahun lalu banyak sekali trouble spot yang mengakibatkan kemacetan maupun perlambatan," ujarnya.

Tim urai kemacetan ini, lanjut Aan, akan dibentuk mulai dari Polda Banten hingga Jawa Timur.

"Cara bertindaknya melakukan patroli sesuai dengan jam rawannya. Kemudian apabila dari command center ada laporan gangguan, titik macet, tim ini yang akan turun untuk mengurai kemacetan," pungkasnya.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #korlantas #polri #bentuk #urai #kemacetan #mudik #lebaran #beroperasi #pada #rawan

KOMENTAR