Polri Upaya Pulangkan Dua Pelaku TPPO di Jerman
Kabidhunas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
14:08
23 Maret 2024

Polri Upaya Pulangkan Dua Pelaku TPPO di Jerman

Polri masih berupaya memulangkan dua tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) modus magang kerja di Jerman. Polri bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di Jerman untuk bisa memproses langkah tersebut.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, untuk dua tersangka itu, penyidik berkoordinasi dengan atase kepolisian Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jerman. ”Bahkan, petugas juga berkolaborasi dengan Kemendikbud,” ujarnya di kantor Divhumas Polri kemarin (22/3).

Untuk pendalaman kasusnya, lanjut Trunoyudo, penyidik masih melakukan langkah penyidikan dengan memeriksa saksi-saksi. Setiap saksi yang dibutuhkan akan dipanggil dan diperiksa untuk membuat terang peristiwa pidana. ”Siapa pun ya, tidak hanya dari universitas,” jelasnya.

Salah satu yang didalami terkait kerja sama antara agen tenaga kerja dan universitas. Kerja sama itu yang membuat program magang kerja atau ferienjob ke Jerman. ”Secara simultan dilakukan proses pendalaman,” katanya.

Trunoyudo menambahkan, 1.407 mahasiswa yang menjadi korban TPPO dipastikan telah pulang ke Indonesia. Program tersebut selesai pada Desember 2023. Setelah memeriksa para korban, penyidik pun memastikan terjadi TPPO atau dipekerjakan secara tidak prosedural di Jerman.

Diketahui, kasus TPPO modus magang kerja ini bermula dari laporan empat mahasiswa ke KBRI Jerman. Mereka mengikuti program ferienjob melalui universitas masing-masing. Saat telah berada di Jerman, ternyata mereka disodori kontrak kerja berbahasa Jerman. Gaji mereka pun dipotong untuk dana talangan yang diduga guna membiayai pemberangkatan para korban. (idr/c9/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #polri #upaya #pulangkan #pelaku #tppo #jerman

KOMENTAR