Tegas! Kemenhub Tak Layani Mudik Gratis dengan Motor Listrik Demi Cegah Risiko Kebakaran Kapal
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Capt Hendri Ginting (tengah) saat memberikan keterangan terkait mudik gratis di Jakarta, pada hari Jumat (22/3) kemarin. ( Harianto/Antara)
08:40
23 Maret 2024

Tegas! Kemenhub Tak Layani Mudik Gratis dengan Motor Listrik Demi Cegah Risiko Kebakaran Kapal

 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menyatakan dengan tegas bahwa pihaknya tidak akan mengangkut penumpang yang membawa kendaraan motor listrik dalam Program Mudik Gratis Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal ini dilakukan Kemenhub, demi mencegah risiko terjadinya kebakaran kapal.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Capt Hendri Ginting di Jakarta pada hari Jumat (22/3) kemarin.

Ia menjelaskan bahwa kebijakan tersebut diambil sebagai langkah antisipasi kemungkinan kebakaran kapal selama pelayaran nantinya.

“Pada saat mengangkut motor nanti jangan motor listrik. Karena di atas kapal jika terjadi kebakaran motor listrik itu penanganannya belum begitu baik,” ujar Hendri pada Media Briefing Sosialisasi Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2024 seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, kebijakan larangan membawa motor listrik saat program mudik gratis itu dilakukan karena saat terjadi kebakaran listrik di atas kapal, penanganannya masih menjadi tantangan serius.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa penggunaan air untuk memadamkan api dapat menyebabkan kebakaran menjadi lebih besar.

“Kapal kita juga sifatnya kalau terjadi kebakaran masih menggunakan air untuk pemadaman. Hal itu malah bisa mengakibatkan kebakaran lebih besar,” ucapnya.

Pihak Kemenhub selama ini juga aktif memberikan peringatan kepada penumpang agar tidak membawa motor listrik dalam perjalanan mudik.

Kebijakan itu dilakukan untuk menjaga keselamatan seluruh penumpang yang menggunakan transportasi laut selama musim mudik nanti.

Dengan begitu, ia berharap dapat mencegah terjadinya insiden kebakaran kapal serta memberikan rasa aman bagi seluruh pemudik yang menggunakan layanan transportasi laut selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

“Kami juga berusaha mengingatkan yang dibawa nanti motor penumpang itu bukan motor listrik."

"Jangan sampai nanti dia ingin memamerkan di kampung halaman, tetapi malah memicu kebakaran di dalam kapal,” pungkasnya.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tegas #kemenhub #layani #mudik #gratis #dengan #motor #listrik #demi #cegah #risiko #kebakaran #kapal

KOMENTAR