Jasa Marga Rutin Beri Diskon Tarif Tol saat Mudik, Bagaimana Tahun Ini?
Ilustrasi pengguna jalan tol melakukan pembayaran melalui petugas Jasa Marga (Jasa Marga )
20:08
21 Maret 2024

Jasa Marga Rutin Beri Diskon Tarif Tol saat Mudik, Bagaimana Tahun Ini?

      - PT Jasa Marga (Persero) Tbk tercatat rutin memberikan diskon tarif tol saat periode mudik lebaran di sejumlah titik jalan bebas hambatan yang dikelolanya. Soal besarannya, berbeda-beda di setip tahun, hanya saja pada tahun 2023 lalu, ditetapkan sebesar 20 persen.  

  Secara lokasi pada tahun lalu, hanya ditetapkan di dua Gerbang Tol (GT), meliputi GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.   Saat ditanya peluang diskon tarif yang akan ditetapkan pada mudik lebaran tahun 2024. Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Asosiasi Jalan Tol Indonesia dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait penerapan diskon tarif tol ini.   “Sampai saat ini Jasa Marga masih mengkoordinasikan dengan pihak terkait khususnya dengan AJTI dan juga BUJT lainnya. Khususnya di ruas-ruas yang memang favorit, seperti di Trans Jawa,” kata Lisye dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta Timur, Kamis (21/3).   Lisye juga memastikan bahwa secara prinsip pemberian diskon tarif tol ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi utamanya pada puncak arus mudik maupun balik.   Utamanya, untuk memastikan pada waktu puncak arus mudik dan balik jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol tidak melebihi dari prediksi.   “Supaya tidak menumpuk di waktu puncak. Supaya yang kami prediksikan ini tidak melebihi prediksi. Supaya semua antisipasi rencana rekayasa lalu lintas dapat tetap dilakukan, memastikan kapasitas jalan ini tetap bisa menampung lonjakan lalu lintas,” jelasnya.   Untuk diketahui, pada momen lebaran tahun ini Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 atau H-4 lebaran dengan lonjakan lalu lintas mencapai 259.087 kendaraan. Angka tersebut naik 0,03 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan naik 66,8 persen terhadap waktu normal.  

  Adapun puncak arus balik diprediksi terjadi pada 15 April 2024 atau H+4 lebaran dengan lalu lintas di jalan tol diperkirakan mencapai 300.722 kendaraan atau naik 13,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau naik 131 persen terhadap normal. (*)        

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #jasa #marga #rutin #beri #diskon #tarif #saat #mudik #bagaimana #tahun

KOMENTAR