Hasil Pemilu 2024: Pasutri Melenggang ke Senayan, dari Artis hingga Politikus
Maju ke Senayan (Jawa Pos)
13:48
21 Maret 2024

Hasil Pemilu 2024: Pasutri Melenggang ke Senayan, dari Artis hingga Politikus

- Sejumlah pasangan suami istri (pasutri) bakal mengisi parlemen 2024–2029. Dari hasil rekapitulasi perolehan suara di KPU, terdapat nama-nama pasutri yang berpeluang melenggang ke Senayan.

Pasangan politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo-Mulan Jameela merupakan salah satunya. Berdasar rekapitulasi suara nasional dan penghitungan metode sainte lague, Dhani mengunci satu jatah kursi DPR dari dapil Jatim I. Pentolan grup band Dewa 19 itu meraup 134.227 suara. Istrinya, Mulan Jameela, melenggang ke Senayan dari dapil Jabar XI dengan mengantongi 85.326 suara.

Di kalangan artis, pasangan Primus Yustisio-Jihan Fahira juga bakal berkantor di Senayan. Bedanya, Primus sebagai anggota DPR, sedangkan istrinya berkantor di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Primus yang maju di dapil Jabar V tercatat mengantongi 128.892 suara, sedangkan Jihan mendapat 1.823.907 suara dari dapil Jabar.

Pasutri lain yang berpeluang lolos adalah Ahmad Muzani dan Himmatul Aliyah. Muzani yang merupakan Sekjen Gerindra mendapat kursi dari dapil Lampung 1 dengan 110.161 suara. Sang istri yang berstatus petahana berhasil mendapat satu kursi di dapil ”neraka” Jakarta II dengan perolehan 94.543 suara.

Ada juga pasangan Taufiq R. Abdullah dan Ida Fauziyah. Taufiq berangkat dari dapil Jawa Tengah VII yang meliputi Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Sementara itu, Ida berasal dari dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri.

Saat dikonfirmasi, Taufiq bersyukur karena dirinya dan istri kembali lolos ke Senayan. Taufiq akan memasuki periode ketiga di parlemen, sedangkan Ida masuk periode kelima. Ida menjadi anggota dewan sejak Pemilu 1999. Hanya pada Pemilu 2019 Ida tidak maju sebagai caleg. ”Pada 2019 istri saya tidak nyalon,” katanya.

Pada Pemilu 2024, dia dan Ida kembali mendapat amanah maju sebagai caleg. Menurut Taufiq, sebagai menteri, Ida mendapat tugas di dapil yang baru. Yaitu, dapil yang masih kosong dari kursi PKB.

Nama lain berasal dari Partai Nasdem. Dilansir dari Fajar, Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu (RMS) dan istrinya, Fatmawati Rusdi, sama-sama lolos ke Senayan. RMS sebagai petahana kembali terpilih di dapil Sulsel III dengan 161.301 suara. Sementara itu, Fatmawati yang maju di dapil Sulsel I lolos dengan raihan 106.806 suara.

Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini memiliki beberapa catatan atas lolosnya pasutri ke parlemen. Fenomena itu tidak lepas dari situasi politik dan kontestasi pemilu yang masih berbiaya mahal dan elitis. Menurut dia, para pasutri itu berangkat dari akses elite dan kepemimpinan strategis partai. Bahkan, sebagian besar di antara pasutri itu merupakan bagian dari struktur pengambilan keputusan di partai politik. Sebut saja Ahmad Muzani yang saat ini menjabat Sekjen Gerindra.

Titi menambahkan, pasutri yang lolos ke Senayan tercatat memiliki latar belakang finansial yang kuat. Khusus Ahmad Dhani-Mulan Jameela dan Primus-Jihan Fahira bahkan punya modal popularitas yang tinggi karena merupakan artis. ”Itu membuat mereka lebih mudah untuk terpilih,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (20/3).

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, sebelum penetapan caleg terpilih, ada sejumlah tahapan lain. Di antaranya, meminta konfirmasi dari Mahkamah Konstitusi apakah ada sengketa atau tidak di dapil. Baru konversi suara menjadi kursi. ”Setelah partai mendapatkan kursi, siapa calon yang berhak menduduki kursi adalah calon yang memperoleh suara terbanyak di daerah pemilihannya,” kata Hasyim. (tyo/lum/far/c19/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hasil #pemilu #2024 #pasutri #melenggang #senayan #dari #artis #hingga #politikus

KOMENTAR