Ganjar: Banyak yang Ingin Ambil Suara di Surabaya dengan Berbagai Cara
Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pondok Pesantren Ma'hadut Tholabah Jatimulya. (Dok. TPN Ganjar-Mahfud)
21:32
13 Januari 2024

Ganjar: Banyak yang Ingin Ambil Suara di Surabaya dengan Berbagai Cara

  - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengakui, ceruk suara di Surabaya, Jawa Timur menjadi salah satu wilayah yang diperebutkan pada gelaran pemilu 2024. Ganjar mengajak para pendukungnya untuk terus bergerak.   "Tidak heran kalau kemudian banyak yang ingin datang mengambil suara di Surabaya, dengan berbagai cara," kata Ganjar saat bertemu para tim pemenangan daerah (TPD), calon legislatif (caleg) partai koalisi dan relawan Ganjar-Mahfud di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1).   Ganjar juga menceritakan, posisi PDI Perjuangan selama 10 tahun tidak berada dalam pemerintahan. Ia menuturkan, banyak keringat dan tenaga yang dikeluarkan untuk memenangkan pilpres 2014 saat itu.   "Masih ingat 27 Juli, PDIP dihajar habis-habisan. Tapi kita melawan kita tak pernah berhenti, kita lawan dan kita orang yang taat aturan," ungkap Ganjar.   "Waktu itu juga '97 kita tak ikut pemilu, suara kita serahkan pada PPP, friend. Sebenarnya Perindo juga mau kita kasih tapi waktu itu belum ada," sambungnya.   Ganjar menuturkan, naik turunnya situasi demokrasi, PDIP tetap baik dalam sejarah. Ia pun mengajak para pendukungnya belajar dari Presiden Soekarno untuk tidak meninggalkan sejarah.   "(Tahun) '99 menang. Karena apa? Rakyat bersama," seru Ganjar.  

  Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyampaikan, selama 10 tahun PDIP berada dalam oposisi. Namun, 10 tahun itu akhirnya terbayarkan saat Presiden Joko Widodo memenangkan pesta demokrasi.   "Partai saya dihukum kurang lebih 10 tahun kita tidak memimpin. Dan akhirnya kita bisa memenangkan pemilu kembali bahkan mendudukkan presiden dari kader PDIP, waktu itu," papar Ganjar.   Ia menegaskan, kemenangan itu hasil dari keringat dan tenaga rakyat. Ganjar pun mengaku masih mengingat wajah-wajah rakyat yang mendukung saat itu.   "Saya tahu keringat Anda, harta Anda, tenaga Anda. Waktu pajenengan semua diberi kemenangan pada saat itu, kita semuanya tidak pernah lupa pada kondisi itu. Kita tidak pernah lupa," jelasnya.   Oleh karena itu, Ganjar meminta para pendukungnya untuk memperkuat soliditas. Selain itu, dia meminta agar relawan tidak takut dengan hasil survei yang ada saat ini.   "Nggak usah takut, ketika kemudian ada survei-survei, kita pegang survei itu. Kita pegang untuk kita jadikan satu acuan. Tapi jangan khawatir, kita juga punya peralatan sendiri, jauh lebih canggih dari yang ada. Tapi tentu saja, kita harus bergerak setiap saat," pungkasnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #ganjar #banyak #yang #ingin #ambil #suara #surabaya #dengan #berbagai #cara

KOMENTAR