Jangan sampai Menyesal, Simak 7 Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula
Ilustrasi membeli mobil bekas di showroom (Pexels)
10:40
20 Maret 2024

Jangan sampai Menyesal, Simak 7 Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

 

–Mobil merupakan salah satu kendaraan yang dibutuhkan banyak orang untuk mobilitas mereka.  Namun, karena tak semua orang mampu membeli mobil baru, membeli mobil bekas menjadi solusi yang masuk akal.

 

Dilansir dari Antara dijelaskan bahwa menurut survey Cars.com, satu dari empat orang merasa tidak nyaman saat melakukan negosiasi membeli mobil bekas sehingga rata-rata ada yang mengajak kedua orangtuanya.

Berikut ada 7 tips membeli mobil bekas untuk pemula yang tentunya tetap hemat budget dan berkualitas diantaranya :

  1.  Melakukan riset online

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset online. Hal ini dilakukan karena semakin banyaknya aplikasi online yang menjual mobil bekas sehingga perlu riset online. Riset online yang dilakukan bisa mulai dari harga mobil, tipe mobil, lokasi dan spesifikasi mobil.

 

  1. Menentukan budget

Tips kedua yaitu menentukan budget. Sebelum memilih membeli tipe mobil tentu harus mengukur budget yang ada. Hal ini dilakukan agar ketika membeli mobil bekas akan sesuai dengan budget yang ada. Semakin tinggi budget yang ada tentu bisa  mendapatkan mobil bekas yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi pula.

 

  1. Memiliki rasa percaya diri

Rasa percaya diri memang perlu ditanamkan pada diri seorang pemula sebelum membeli mobil bekas. Hal ini bertujuan agar bisa yakin secara public speaking saat melakukan negosiasi harga dengan pemilik mobil,

Sikap ini juga membuat pemilik mobil bekas tidak mudah mengombang-ambingkan arah pembicaraan saat bernegosiasi.

 

  1. Memiliki ilmu pengetahuan bidang otomotif

Dalam melakukan sesuatu tak terkecuali memilih mobil bekas memang sangat diperlukan ilmu pengetahuan yang mumpuni termasuk ilmu bidang otomotif mobil. Dengan mempunyai ilmu otomotif yang baik tentu pemilik mobil bekas juga tidak bisa menipu.

 

  1. Lebih teliti menanyakan kondisi mobil

Tips selanjutnya adalah menanyakan kondisi mobil dengan sangat teliti dan cermat. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang kurang antara deskripsi secara online dengan kondisi aslinya.

 

  1. Melakukan survei ke beberapa dealer

Apabila sudah melakukan riset online, tidak ada salahnya juga jika melakukan survei secara offline ke beberapa dealer mobil. Survei ini bisa dari segi harga, spesifikasi maupun tipe mobilnya.

 

  1. Bersikap tenang

Tips terakhir yang perlu diperhatikan juga oleh pemula saat membeli mobil bekas yaitu bersikap tenang dan tidak terburu-buru. Lebih baik tenang namun mendapatkan yang terbaik daripada sebaliknya. (*)

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #jangan #sampai #menyesal #simak #tips #membelimobilbekasuntuk #pemula

KOMENTAR