Bandara Pattimura Ambon Sempat Ditutup Sementara Jumat Siang, Ini Penyebabnya
Ilustrasi Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku. [ANTARA/HO-Humas Angkasa Pura Bandara Pattimura Ambon]
16:12
8 Maret 2024

Bandara Pattimura Ambon Sempat Ditutup Sementara Jumat Siang, Ini Penyebabnya

Pesawat Lion Air yang terbang dari Bandara Karel Sadsuit Tubun, Maluku Tenggara dengan tujuan Bandara Pattimura Ambon, terpaksa dialihkan mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada Jumat (8/3/2024).

Pengalihan tersebut dilakukan lantaran Bandara Internasional Pattimura Ambon sempat ditutup sementara karena pesawat Hercules Rajawali 27 melakukan Return To Base (RTB) akibat technical problem.

"Kami dari Tual, yang sedianya landing di Ambon jam 12.30 WIT, tapi katanya Bandara Ambon ditutup karena pesawat militer ada rusak," kata seorang penumpang pesawat Lion Air saat mendarat di Manado kepada Terasmaluku.com-jaringan Suara.com, Jumat (8/3/2024).

Penumpang itu mendapat informasi bila pesawat yang ditumpangi baru akan kembali ke Bandara Pattimura Ambon sekira pukul 16.00 WIT.

Sementara itu, Humas Angkasa Pura Bandara Pattimura Ambon, Ismi membenarkan kejadian itu. Berdasarkan informasi yang diterima dari tower, pesawat Hercules Rajawali 27 yang terbang dari Ambon tujuan Makassar mengalami gangguan teknis hingga terpaksa kembali ke Bandara Pattimura Ambon.

"Kami mendapatkan informasi dari tower bahwa Hercules Rajawali 27 rute Ambon ke Makassar RTB (Return To Base) karena technical problem, yang saat ini sudah landing di Bandar Udara Pattimura Ambon tanpa permasalahan apapun dan kondisi operasional penerbangan sudah beroperasi dengan normal.

Ia kemudian menyarankana agar menghubungi pihak Lanud Pattimura.

"Adapun informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak Lanud Pattimura Ambon," katanya kepada Terasmaluku.com.

Sementara itu, Kadispen Lanud Pattimura, Sugito tidak berbicara banyak saat dikonfirmasi.

Ia hanya menyatakan bahwa saat ini, aktivitas bandara sudah kembali normal.

"Pesawat sudah landing, bandara sudah dibuka kembali," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima, pesawat Lion Air yang dialihkan mendarat ke Manado, kembali ke Bandara Pattimura Ambon.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #bandara #pattimura #ambon #sempat #ditutup #sementara #jumat #siang #penyebabnya

KOMENTAR