Awal Puasa Ramadan Berpotensi Berbeda, Wapres Ma'ruf Amin Minta Masyarakat Saling Menghormati
Wakil Presiden KH Maruf Amin. 
22:08
7 Maret 2024

Awal Puasa Ramadan Berpotensi Berbeda, Wapres Ma'ruf Amin Minta Masyarakat Saling Menghormati

- Wakil Presiden RI (Wapres) Maruf Amin meminta agar masyarakat bisa saling menghargai dan menghormati jika adanya perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 H antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Kementerian Agama RI (Kemenag) sendiri baru akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan pada Minggu (10/3/2024) mendatang.

Apabila dalam penetapan itu ada perbedaan tanggal, Wapres Maruf Amin meminta umat muslim tetap menjalankan ibadah sesuai dengan keputusan yang diyakininya.

"Sikap yang kita harus bangun adalah sikap saling pengertian, legowo, untuk bisa berbeda. Dan itu sudah lama kita berbeda, jadi masing-masing saja," kata Wapres dalam keterangan persnya, Kamis (7/3/2024).

"Kalau mungkin besok (penetapan 1 Ramadan 1445 H) Muhammadiyah masuk Senin, mungkin pemerintah Selasa, ya silahkan Senin atau Selasa," sambung dia.

Meski begitu, Wapres Maruf Amin menyampaikan, perbedaan tersebut merupakan hal wajar.

Pasalnya dalam melihat keberadaan hilal, terdapat beberapa kriteria yang digunakan dan mungkin diinterpretasikan berbeda oleh setiap anggota sidang.

"Setiap ada tinggi hilal di bawah 2 derajat, pasti ada perbedaan, karena perbedaan kriteria. Karena itu, untuk menyamakan kriteria ini kan belum ketemu," kata dia.

Atas hal itu, Wapres mengimbau agar masyarakat tetap beribadah dengan sungguh-sungguh.

Termasuk soal penetapan 1 Syawal nantinya, apabila penetapannya berbeda, Wapres Maruf Amin meminta umat muslim untuk mengikuti apa yang sudah ditetapkan di awal.

"Pokoknya yang (puasanya) ikut pemerintah, lebarannya ikut pemerintah. Kalau puasanya ikut Muhammadiyah, lebarannya ikut Muhammadiyah," kata dia.

"Jangan waktu puasa ikut pemerintah lebih belakang, giliran lebaran ikut yang lebih dulu, itu tidak betul," ucapnya.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #awal #puasa #ramadan #berpotensi #berbeda #wapres #maruf #amin #minta #masyarakat #saling #menghormati

KOMENTAR