Pemkab Gresik Fasilitasi Ratusan Santri Mudik ke Bawean Pakai Kapal Gratis
Santri mudik dan menikmati program dari pemkab gresik/ Radar Gresik
21:08
2 Maret 2024

Pemkab Gresik Fasilitasi Ratusan Santri Mudik ke Bawean Pakai Kapal Gratis

 

 - Pemerintah Kabupaten Gresik menginisiasi program untuk memfasilitasi santri dengan menyediakan layanan penjemputan serta subsidi tiket kapal penyeberangan Gresik-Bawean.

Dikutip dari Radar Gresik (JawaPos Grup), Sabtu (2/3), Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, menegaskan bahwa program ini merupakan bentuk perhatian yang diberikan pemerintah kepada santri asal Gresik, khususnya dalam masa liburan santri.

Ia menyatakan bahwa salah satu inisiatif program tersebut adalah pemberian subsidi tiket kapal pulang-pergi bagi santri yang akan melakukan penyeberangan Gresik-Bawean.

Fasilitasi ini, kata Bupati Fandi Akhmad Yani, juga melibatkan Dinas Perhubungan untuk menjemput santri asal Gresik yang sedang menimba ilmu di pondok pesantren di berbagai daerah.

Nantinya, santri akan dijemput dan ada yang akan diturunkan di halaman masjid Ahmad Dahlan, Masjid Agung, dan Wisma Semen Gresik untuk mempermudah orang tua santri dalam menjemput anaknya saat liburan dari pondok pesantren.

"Mudah mudahan program ini terus berlanjut, agar memberikan semangat belajar kepada seluruh santri asal Gresik," harap Bupati Fandi Akhmad Yani.

Pengurus Alumni Pondok Pesantren Sidogiri, yang akrab dipanggil Gus Ishom, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Gresik atas fasilitasi yang sangat bermanfaat bagi santri.

Gus Ishom berharap program ini dapat berlanjut dan memberikan semangat belajar kepada seluruh santri asal Gresik.

Sebagai testimoni, Faizah (13), seorang santriwati asal Bawean yang belajar di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, menyatakan kebahagiaan-nya atas program yang telah berlangsung selama tiga tahun ini.

Menurutnya, program ini tidak hanya memudahkan orang tua dalam menjemput, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi santri asal Bawean. Ia berharap program ini dapat terus dirasakan oleh santri-santri Bawean lainnya.

"Selain tidak membuat repot orang tua untuk menjemput. Bagi kami yang dari Bawean sangat terbantu. Saya berharap program ini dapat terus dirasakan adik dan saudara kami lainnya yang ada di Bawean," singkatnya.

Sebagai informasi tambahan, sebanyak 237 santri asal Bawean dari berbagai pondok pesantren, termasuk Sidogiri, Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, Dalwa Bangil Pasuruan, dan Gontor, telah terfasilitasi melalui program ini.

***k

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pemkab #gresik #fasilitasi #ratusan #santri #mudik #bawean #pakai #kapal #gratis

KOMENTAR