Peran Besar Jokowi dalam Hidup Khofifah: Dia yang Membuat Saya Bangkit
Ilustrasi Jokowi dan dan Khofifah. Jokowi berperan besar dalam hidup Khofifah. [ANTARA/Novi Husdinariyanto]
15:36
1 Maret 2024

Peran Besar Jokowi dalam Hidup Khofifah: Dia yang Membuat Saya Bangkit

Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membeberkan peran Jokowi yang membuatnya bangkit dari keterpurukan. 

Khofifah mengatakan, pernah mengalami masa paling sulit dalam hidup. Yaitu ketika ditinggal sang suami untuk selama-lamanya. 

"Momen yang saya sempat frustasi agak berat ketika suami saya meninggalkan saya. Itu dua bulan saya harus phsycological revocery," ujar Khofifah di Youtube MerryRiana.

Saking frustasinya, Khofifah mengatakan sampai mengumpulkan semua dokumen, penghargaan, ijazah suami karena menganggap semua gelar yang didapat sudah tidak ada gunanya lagi.

"itu dua bulanan saya butuh waktu. Secara psikologi emang berat bagi saya," ujar Ketua Muslimat NU ini. Di tengah keterpurukan, datang sosok Jokowi.

Khofifah mengatakan, dirinya adalah orang pertama yang dikunjungi Jokowi saat berada di Jawa Timur pada tahun 2014 di masa Pilpres.

"Kira-kira kurang 14 hari (masa iddah), Pak Jokowi ke rumah. Saya nggak tahu kekuatan apa yang menjadikan beliau memilih kunjungan pertama ke Jawa Timur itu ke rumah saya bukan ke tokoh A, tokoh B, partai pengusung. Itu menjadi kekuatan luar biasa. Kaya petir. Kok bisa ya," ujar Khofifah.

Khofifah mengaku sudah berteman dengan Presiden RI itu sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Ketika Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, Khofifah mengaku masih sering bertemu.

Tapi setelah itu mereka relatif jarang bertemu lagi. Pada saat pencalonan periode pertama, Jokowi pergi ke Jawa Timur menemui Khofifah. Di momen itulah kata Khofifah yang membuatnya sadar harus bangkit dari keterpurukan.

"Pertama kali yang didatangi rumah saya meminta saya menjadi jubir bersama Pak Anies Baswedan. Saya harus bangkit, saya harus tegar. Allah mengirimkan seorang Pak Jokowi datang ke rumah, mungkin Pak Jokowi ingin saya jadi jubir tapi itu jadi penyemangat luar biasa untuk bangkit," ujar dia.

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #peran #besar #jokowi #dalam #hidup #khofifah #yang #membuat #saya #bangkit

KOMENTAR