Presiden Prabowo Ingin Sidang Paripurna DPR/MPR Tahun 2028 Digelar di IKN
ILUSTRASI Kawasan Istana Negara dan Istana Kepresiden di Ibu Kota Negara Nusantara, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Sabtu (5/10/2020) sore. 
18:02
27 Oktober 2024

Presiden Prabowo Ingin Sidang Paripurna DPR/MPR Tahun 2028 Digelar di IKN

- Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi mengatakan bahwa Presiden Prabowo Subianto akan meneken Perpres mengenai Pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara apabila semuanya sudah siap.

Hal itu disampaikan Prasetyo Hadi usai mengikuti retreat di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu, (27/10/2024).

"Ya nanti kita lihat. Kita pelajari. Begitu semua sudah ready, sudah siap, belia yang akan tanda tangan," kata Prasetyo.

Menurut  Prasetyo pembangunan IKN sekarang ini terus berjalan. Presiden Prabowo Subianto berencana untuk membawa para menteri ke IKN.

"Ada (rencana)," katanya.

Sebelumnya Anggota Kabinet Merah Putih mendapatkan sejumlah pengarahan dalam retreat hari kedua di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, (26/10/2024).

Pengarahan terkahir disampaikan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto. Materi yang disampaikan oleh Prabowo dalam pengarahan tersebut, salah satunya terkait Ibu Kota Nusantara (IKN).


"Sesi terakhir sore ini, Pak Presiden Prabowo memberikan pengarahan. Satu dari empat point pengarahan beliau adalah soal IKN," ujar Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dalam akun instagramnya.

Dalam pengarahannya soal IKN, Prabowo menegaskan kepada para menteri mengenai kelanjutan pembangunan Ibu Kota baru tersebut. Prabowo menegaskan bahwa soal IKN semuanya sudah sangat jelas.

"Sudah menjadi keputusan akan dilanjutkan dan diselesaikan. Tidak perlu ada pertanyaan lagi soal itu sebenarnya," kata Raja Juli.

Dalam retreat tersebut kata Raja Juli, Prabowo menyampaikan rencananya untuk merampungkan pembangunan IKN dalam empat tahun.  Bagi Prabowo IKN adalah “Ibukota Politik".

"Oleh karen itu, selain gedung-gedung Eksekutif (yang sekarang hampir selesai) dalam 4 tahun kedepan OIKN harus merampungkan (2 cabang triaspolitika lainnya) yaitu gedung-gedung Legislatif dan Yudikatif," tulisnya.

Prabowo kata Raja Juli berharap sidang paripurna DPR/MPR pada Agustus 2028 nanti dapat diselenggarakan di IKN.

"Bahkan beliau berharap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2029 diselenggarakan di IKN," pungkasnya.

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #presiden #prabowo #ingin #sidang #paripurna #dprmpr #tahun #2028 #digelar

KOMENTAR