Ini yang Bakal Terjadi di Jakarta Jika Ridwan Kamil Jadi Gubernur
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU]
20:44
29 Pebruari 2024

Ini yang Bakal Terjadi di Jakarta Jika Ridwan Kamil Jadi Gubernur

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menurut Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dipersiapkan partainya bersama Ahmed Zaki Iskandar untuk maju jadi calon Gubernur DKI Jakarta.

“Dua-duanya sudah diberi surat Golkar, penugasan untuk pilkada (DKI Jakarta),” kata Airlangga yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian seperti dikutip dari Antara.

Airlangga menjelaskan keduanya dipersiapkan partai saat ini, karena keduanya sudah membantu meningkatkan suara Golkar di Pemilu 2024. Namun terkait siapa yang akan benar-benar maju, bergantung pada hasil survei terakhir terkait kedua nama itu.

“Nanti mengerucut dan akan dipilih dalam forum khusus (Golkar) sesuai jadwal pilkada,” ucapnya.

Secara popularitas, Kang Emil begitu sapaan akrabnya memang cukup dikenal oleh publik, utamanya warga Jakarta.

Namun menurut Pengamat Politik Citra Institute Yusak Farhan, Kang Emil kalah dengan Zaki yang saat ini menjadi Ketua DPD Golkar DKI Jakarta dalam hal kendali struktural kepartaian.

"Tapi pada akhirnya partai Golkar, saya kira tidak bisa mengabaikan faktor popularitas dan faktor elektabilitas," ujarnya.

Ridwan Kamil memiliki rekam jejak cukup panjang sebagai pemimpin daerah. Kiprah politiknya pertama saat menjadi Wali Kota Bandung yang diusung oleh PKS dan Gerindra.

Ia lalu menjadi orang nomor satu di Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan. Jika kelak maju dan meraih kemenangan di Pilkada DKI 2024, kira-kira apa yang bakal terjadi di Jakarta?

Salah satu masalah yang harus diubah oleh Kang Emil andai memimpin Jakarta ialah kemacetan. Menariknya soal kemacetan bukan hal baru bagi Kang Emil.

Saat jadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, Kang Emil dihadapkan masalah tersebut. Apalagi Bandung dengan status ibu kota provinsi Jabar.

Lantas apa yang dilakukan Kang Emil? Ia membuat kebijakan pembenahan transportasi publik adalah dengan meluncurkan BRT (Bus Rapid Transit) di Kota Bandung.

Yang tak kalah menarik, rekam jejak Kang Emil saat memimpin Bandung dan Jawa Barat dikenal suka pada proyek pembangunan masjid. Tercatat per tahun 2021, Jawa Barat sudah memiliki kurang lebih 49.435 masjid.

Salah satu karyanya adalah Masjid Al-Jabbar, dengan biaya pengerjaannya mencapai kurang lebih Rp 1 triliun, yang dananya berasal dari APBD Jawa Barat.

Pembangunan masjid Al-Jabbar ini pun menimbulkan polemik dan kritik dari publik. Selain soal pembangunan masjid, saat masih jadi wali kota Bandung, Kang Emil sempat luncurkan program Jumat Bersepeda.

Jika program ini kembali dijalankan oleh Kang Emil andai memimpin Jakarta, ia akan menerukan warisan Anies Baswedan yakni Jakarta punya jalur sepeda sepanjang 535,68 Km.

Kang Emil saat memimpin kota Bandung juga sempat memiliki program smart city. Selain itu tak kalah populer ialah kebijakan Kang Emil meminta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di Kota Bandung agar memiliki akun Twitter untuk pribadi maupun lembaganya.

Kang Emil meminta para kepala SKPD itu untuk berinteraksi di media sosial dengan masyarakat. Bukan tidak mungkin nantinya para pejabat di lingkuang Pemprov DKI Jakarta diminta untuk melakukan hal sama.

Yang juga tak kalah menarik, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya juga pernah memiliki program Sekoper Cinta atau Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita di Jawa Barat.

Program ini untuk pemberdayaan pendidikan perempuan guna mendongkrak kesejahteraan keluarga.

"Program ini merupakan sebuah proses dalam mendorong ekonomi melalui keterampilan," kata Atalia.

"Di sinilah kerja sama kami dengan forum PLKP tentang program Sekoper Cinta yang telah menghasilkan lulusan 2.700. Alhamdulillah banyak sekali laporan dari 27 kabupaten/kota yang mereka sudah bisa membuka salon-salon kecil dan semacam "home care," tambahnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #yang #bakal #terjadi #jakarta #jika #ridwan #kamil #jadi #gubernur

KOMENTAR