Kapolri Minta Jajarannya Bersiap Diri Amankan Mudik hingga Pilkada Serentak
Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Mabes Polri untuk JawaPos.com)
14:40
29 Februari 2024

Kapolri Minta Jajarannya Bersiap Diri Amankan Mudik hingga Pilkada Serentak

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada jajarannya masih ada kegiatan besar yang harus diamankan dalam waktu dekat. Meliputi rangkaian Pilpres 2024, mudik Ramadan, hingga Pilkada 2024.   Sigit mengatakan, Polri telah menindaklanjuti beberapa perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah mengamankan tahapan pemilihan presiden yang memasuki proses rekapitulasi suara.   "Namun di sisi lain kita juga tetap memiliki tugas-tugas pokok yang harus kita kawal dan kita jaga. Sebentar lagi kita akan masuk di bulan Ramadan yang sebentar lagi di bulan Maret," kata Sigit dalam acara Rapim Polri 2024 di Jakarta Selatan, Kamis (29/2).  

  Sigit mengatakan, agenda terdekat yang harus diamankan adalah Ramadan. Sebab, akan ada gelombang besar pemudik.   "Sebentar lagi kita akan masuk di bulan Ramadhan yang sebentar lagi di bulan maret, ini juga membutuhkan perhatian khusus karena akan terjadi pergerakan mudik yang sangat besar yang tentunya juga harus mampu kita amankan," jelasnya.    "Di samping tentunya, wilayah-wilayah yang ditinggalkan pemudik di tengah situasi kita menghadapi situasi pemilu," sambung Sigit.  

  Setelah itu, ada kegiatan internasional di Bali yang akan dihadiri oleh 43 negara. "Setelah itu kita juga akan menghadapi event internasional di bali, yang dihadiri oleh 43 negara dan ini juga memerlukan perhatian khusus, memastikan pengamanan juga berjalan baik," ungkapnya.   Selanjutnya, Polri harus mengamankan Pilkada serentak.  Tantangannya akan semakin berat karena pengamanan dilakukan menyeluruh di Indonesia secara bersamaan.   "Dan kemudian setelah itu kita akan menghadapi Pilkada serentak di semua daerah, ada 37 provinsi yang harus melaksanakan kegiatan dan juga kabupatennya. Dan ini semuanya butuh kesiapan dari Polri khususnya sebagai penanggung jawab kamtibmas," pungkas Sigit.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kapolri #minta #jajarannya #bersiap #diri #amankan #mudik #hingga #pilkada #serentak

KOMENTAR