Groundbreaking IKN Tahap Kelima Digelar Jumat, Berikut Daftar Proyeknya
Salah satu proyek di IKN (Dokumentasi Kementerian PUPR)
09:24
28 Februari 2024

Groundbreaking IKN Tahap Kelima Digelar Jumat, Berikut Daftar Proyeknya

- Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan groundbreaking tahap kelima akan dilakukan selama dua hari pada pekan ini. Tepatnya, mulai dari Kamis (29/2) dan Jumat (1/3).

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan, ada 3 bank BUMN dan 1 bank BUMD yang akan melakukan groundbreaking di IKN. Yaitu, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bankaltimtara.

"Dunia usaha yang masuk pada kali ini yaitu adalah 4 bank, 3 BUMN dan Bank Kaltimtara sebagai bank pembangunan daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara," ujar Agung dalam media briefing secara daring pada Selasa (27/2).

Agung menuturkan, seluruh kantor itu bakal menjadi pusat layanan perbankan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan. Sehingga sangat mendukung aktivitas keuangan di Nusantara menjadi sektor utama bersama sektor Smart City dan telekomunikasi.

Selain empat bank, juga akan dibangun Pusat Komando IKN, Kantor Telkom Indonesia, Mini Studio Nusantara TVRI, dan Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan. Namun, Agung tidak membocorkan berapa total nilai investasi yang dikucurkan para investor lewat groundbreaking kelima ini.

Agung hanya menyebut total investasi dalam groundbreaking tersebut diperkirakan mencapai Rp 50 triliun. Adapun hingga groundbreaking keempat pada Januari 2024, total nilai investasi yang masuk ke IKN lewat proyek swasta dan publik menyentuh angka Rp 47,5 triliun.

"Total nilai investasi kita bisa lihat menjelang acara atau setelah acara, masih dihitung secara detail, tetapi kita semakin mendekati Rp 50 triliun," jelas Agung.

Lebih lanjut dia menyebut, salah satu kampus asal Inggris bakal berinvestasi atau letter of intent (LOI) di IKN. Namun, Agung belum bisa menyampaikan apa nama kampus asal Inggris yang dimaksud. Katanya, kampus tersebut akan menyusul Stanford University yang bakal pembangunan kampus juga di IKN.

"Spill, besok akan ada universitas dari Inggris yang akan menyampaikan LOI dan akan tanda tangan MoU. Saya tak bisa sampaikan sekarang," pungkas Agung.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #groundbreaking #tahap #kelima #digelar #jumat #berikut #daftar #proyeknya

KOMENTAR