Jokowi Ingin Kota Makassar Layaknya Shenzen Di China, Memang Bisa?
Wali Kota Makassar Danny Pomanto usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (27/2/2024). (Suara.com/Novian)
21:36
27 Februari 2024

Jokowi Ingin Kota Makassar Layaknya Shenzen Di China, Memang Bisa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan kawasan Makassar layaknya Shenzen di China. Keinginan kepala negara tersebut beriringan dengan pembangunan terpadu di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Adapun wilayah yang diimpikan Jokowi serupa Shenzen ialah kawasan metropolitan Makassar, Maros, Sungguminasa, Takalar atau disebut Mamminasata, ditambah Pangkep.

Keinginan itu diungkapkan Wali Kota Makassar Danny Pomanto usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan. Diketahui, Jokowi memanggil Danny beserta Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin dan sejumlah Forkopimda wilayah terkait.

"Ahamdullilah Kota Makassar yang punya banyak masalah perkotaan dengan pembangunan terpadu dengan beliau gambarkan beliau ingin seperti Shenzhen gitu," kata Danny di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Danny menganggap keinginan Jokowi untuk menjadikan Makassar bak Shenzen merupakan suatu tantangan bagi jajaran pemimpin daerah di bawah bimbingan Forkompimda Sulsel.

"Insyaallah kami akan siap untuk melaksanakan apa yang beliau arahkan dan beliau (Jokowi) impikan Makassar dan sekitarnya seperti Shenzhen dekat Hongkong," kata Danny.

Sementara itu, Bahtiar menyampaikan pertemuan Forkompimda dengan Jokowi turut membahas mengenai pembangunan Makassar serta kawasan sekitarnya atau disenut Mamminasata.

Menurut Bahtiar untuk membuat wilayah metropolitan tersebut saling terintegrasi diperlukan jaringan transportasi yang memadai. Semisal di darat ada kereta api, jalan tol, dan jalan lingkar Makassar baik daei sisi darat maupun pesisirnya. Ia juga menyinggung potensi ekonomi yang besar lewar Makassar New Port yang pekan lalu diresmikan oleh Jokowi.

"Ini kita membicarakan agenda konsep dan rencana pembangunan Makassar dan kawasan sekitarnya, semacam metropolitan Makassar. Sudah ada perencanaan yang dilakukan yang sudah lama namanya Maminasata," kata Bachtiar.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #jokowi #ingin #kota #makassar #layaknya #shenzen #china #memang #bisa

KOMENTAR