Kabinet Prabowo-Gibran Rangkul Partai Non-DPR Dinilai Demi Stabilitas Nasional
Suasana sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024). Presiden Prabowo Subianto menggelar sidang kabinet paripurna perdana yang dihadiri jajaran Kabinet Merah Putih. Pembentukan kabinet Prabowo-Gibran disebut sebagai langkah strategis untuk menjaga stabilitas politik, baik di dalam maupun di luar parlemen TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
12:02
25 Oktober 2024

Kabinet Prabowo-Gibran Rangkul Partai Non-DPR Dinilai Demi Stabilitas Nasional

Pembentukan kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka disebut sebagai langkah strategis untuk menjaga stabilitas politik, baik di dalam maupun di luar parlemen. 

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes mengungkapkan ihwal Prabowo mengakomodasi tidak hanya partai yang memiliki kursi di DPR, namun juga partai-partai yang gagal masuk parlemen.

"Partai seperti PSI, PBB, Garuda, Prima, dan Gelora yang tidak memiliki kursi di DPR tetap diberi posisi di pemerintahan untuk memastikan stabilitas politik di luar parlemen," ujar Arya dalam media briefing di CSIS Building, Gambir, Jakarta, Jumat (25/10/2024).

Selain partai-partai non-parlemen, kelompok bisnis, agama, dan relawan juga diakomodasi dalam kabinet ini. 

Langkah itu menunjukkan perhatian Prabowo untuk menghindari potensi ketidakstabilan dari berbagai kelompok kepentingan. 

"Ini adalah upaya untuk menciptakan keseimbangan antara kepentingan di dalam dan di luar DPR," tuturnya.

Strategi ini, menurut Arya, memperlihatkan kabinet Prabowo-Gibran tidak hanya berfokus pada kekuatan di parlemen, tetapi juga mengutamakan dukungan dari elemen-elemen non-parlemen demi memastikan pemerintahan yang stabil dan efektif.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka memberikan arahan saat sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024). Presiden Prabowo Subianto menggelar sidang kabinet paripurna perdana yang dihadiri jajaran Kabinet Merah Putih. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka memberikan arahan saat sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024). Presiden Prabowo Subianto menggelar sidang kabinet paripurna perdana yang dihadiri jajaran Kabinet Merah Putih. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

 


 

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #kabinet #prabowo #gibran #rangkul #partai #dinilai #demi #stabilitas #nasional

KOMENTAR