Opie Kumis Panik! Keceplosan Langgar Aturan Kampanye, Kaesang Malah Ngakak
Komedian Mochtar Lutfi atau Opie Kumis menjadi salah satu dari deretan artis yang mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari PAN DKI Jakarta untuk DPRD DKI. (Suara.com/Fakhri)
16:36
25 Pebruari 2024

Opie Kumis Panik! Keceplosan Langgar Aturan Kampanye, Kaesang Malah Ngakak

Pelawak Opie Kumis pada Pemilu 2024 mencoba peruntungan menjadi calon legislatif (caleg). Pria bernama asli Muchtar Luthfi itu nyaleg dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Data dari real count KPU RI, Minggu (25/2) siang, Opie Kumis yang nyaleg untuk DPRD DKI Jakarta Dapil DKI Jakarta VI baru memperoleh 1575 suara. Data masuk sudah 48,09 persen atau 1382 dari 2874 TPS.

Peluang Opie Kumis untuk bisa lolos sebagai anggota Legislatif DPRD DKI Jakarta terbilang tipis. Padahal Opie mengaku bahwa ia rela menjual burung miliknya demi modal kampanye. Burung itu ia jual Rp25 juta.

Opie Kumis saat jadi bintang tamu di Kanal Youtube Kaesang Pangarep menceritakan awal mulanya ikut nyaleg di PAN. Opie lalu mengatakan bahwa ia diajak oleh Eko Patrio.

Eko kata Opie juga banyak membantunya selama kampanye Pilpres 2024. Menariknya, Opie sempat keceplosan bahwa dirinya sempat membawa sejumlah bingkisan saat menemui warga.

Opie keceplosan saat ditanya oleh Kiky Saputri apakah Eko Patrio ikut membantu memberikan uang sebagai modal kampanye.

"Dimodalin lha sama mas Eko. Okelah gw back up lha katanya. Yah udah Alhamdullilah," kata Opie.

"Berapa banyak dibayarinnya?" tanya Kiky.

"Oh bukan kesitu. Maksudnya back up itu kalau saya mau turun (bertemu warga), dia ikut bareng. Terus logistiknya juga, yah untuk kita bantu-bantu untuk masyarakat," jawab Opie.

Mendengar jawaban dari Opie Kumis itu Kiky Saputri lantas mengatakan bahwa membawa sesuatu kepada masyarakat saat kampanye tidak diperbolehkan di aturan kampanye.

"Kan gak boleh ngasih sembako ke warga yah," ucap Kiky. Opie pun terlihat seperti panik dan langsung membantah bahwa ia tak membawa sembako hanya bingkisan.

"Gak ngasih sembako. Ngasih bingkisan, lain dong," jawab Opie. Kiky pun bertanya lagi apa isi bingkisan itu.

"Isinya minyak," jawab Opie sembari tertawa. Kiky pun sempat nyeletuk bahwa hal itu dilarang di aturan PKPU Nomor 15.

Opie tiba-tiba mengakui bahwa apa yang dilakukannya itu sebenarnya memang tidak boleh. "Memang tidak boleh sebenarnya," jawabnya polos.

Sontak saja pertanyaan dari Opie Kumis itu membuat Kiky Saputri dan Kaesang Pangarep tertawa ngakak. "Keceplosan ayah," kata Kiky sembari tertawa.

Opie lalu menjelaskan bahwa kondisinya saat ia terjun dan menemui masyarakat, mereka kebanyakan bertanya dan singgung soal hal semacam itu.

"Jadi begini kita sosialisasi, selalu ditanya bang Opie mau ngapain dan nyindir, senyaleg-nyalegnya. Lalu mereka mengatakan bang Opie di sini ada 16 majelis taklim, tolong supaya pakaian kita saat ngaji gak belang-belang," cerita Opie.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #opie #kumis #panik #keceplosan #langgar #aturan #kampanye #kaesang #malah #ngakak

KOMENTAR