Skuadron Udara 600 Puspenerbal Beberkan Peran Vital Pesawat Beechcraft K-350i King Air
Pesawat Beechcraft K-350i King Air milik Puspenerbal. (TNI AL)
08:32
24 Oktober 2024

Skuadron Udara 600 Puspenerbal Beberkan Peran Vital Pesawat Beechcraft K-350i King Air

- Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) menunjukkan salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) strategis yang mereka miliki pada Rabu (23/10). Yakni Pesawat Beechcraft K-350i King Air dengan nomor registrasi U-6401. Pesawat tersebut beroperasi di bawah komando Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal.

Dalam keterangan resmi yang disiarkan melalui laman resmi TNI AL, dijelaskan bahwa pesawat tersebut dioperasikan khusus untuk mendukung pergeseran VIP. Mulai perwira menengah hingga perwira tinggi TNI AL. Komandan Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Novi Manunggal menyampaikan hal itu secara langsung di Pangkalan TNI AL Juanda.

Mayor Novi menjelaskan bahwa Skuadron Udara 600 bertanggung jawab atas pengangkutan udara VIP guna memastikan mobilitas yang cepat dan aman dalam menjalankan tugas operasional dan kedinasan. Dia juga menekankan pentingnya peran pesawat tersebut dalam memperkuat kesiapan operasional satuan yang dipimpin olehnya.

”Pesawat K-350i King Air merupakan aset strategis yang memberikan fleksibilitas dan kenyamanan tingkat tinggi dalam mendukung pergeseran perwira TNI AL. Kami memastikan setiap penerbangan terlaksana dengan standar keselamatan tertinggi,” katanya.

Pesawat Beechcraft K-350i King Air unggul dalam urusan kecepatan, jangkauan, dan kenyamanan. Pesawat itu mampu terbang jarak jauh.

Pesawat tersebut juga dilengkapi teknologi navigasi canggih yang memungkinkan penerbangan dalam kondisi cuaca yang menantang. Dengan mesin kembar turboprop yang efisien, pesawat itu mampu mendarat di landasan pendek sekali pun.

”Melalui pemanfaatan pesawat K-350i King Air, Skuadron Udara 600 semakin siap mendukung mobilitas perwira TNI AL dalam berbagai misi penting. Pesawat ini memberikan keunggulan strategis, tidak hanya dalam transportasi VIP, tetapi juga dalam kesiapan operasional keseluruhan Skuadron Udara 600,” tegasnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #skuadron #udara #puspenerbal #beberkan #peran #vital #pesawat #beechcraft #350i #king

KOMENTAR