Suplemen Vitamin D3 Ditarik oleh Penyedia Kesehatan, Picu Peningkatan Risiko Kesehatan yang Beragam, Simak!
Ilustrasi vitamin D3. (freepik/pikisuperstar)
18:24
23 Februari 2024

Suplemen Vitamin D3 Ditarik oleh Penyedia Kesehatan, Picu Peningkatan Risiko Kesehatan yang Beragam, Simak!




Ada banyak alasan untuk menyempurnakan pola makan Anda dengan vitamin D3 dan suplemen.

Anda mungkin mencari opsi untuk meningkatkan vitamin D3 untuk produksi kolagen, meningkatkan kesehatan otak, atau bahkan melawan penuaan dengan bergantung pada rekomendasi dokter.

Namun seperti yang sering terjadi, Anda harus berhati-hati untuk mendapatkan terlalu banyak barang bagus khususnya suplemen vitamin D3.

Sebuah studi baru dari para peneliti di Cleveland Clinic menemukan bahwa satu suplemen dan bahan tambahan makanan yang umum, vitamin B3 (atau niasin), sebenarnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sementara itu, penelitian ini juga dipublikasikan secara elektronik di  Nature Medicine pada 19 Februari 2024 lalu, dan menghubungkan kelebihan kadar vitamin B3 dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Best Life, Jumat (23/2), salah satu jenis vitamin D yakni vitamin D3 dapat memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi berlebih.

Akibat efek samping vitamin D3 yang ditimbulkan pada tubuh, beberapa suplemen yang menunjang kebutuhan vitamin D sempat ditarik oleh pihak kesehatan karena menimbulkan kasus pada bayi.



“Penggunaan Cairan Vitamin D3 Bayi yang ditarik kembali dalam jangka waktu lama berpotensi menyebabkan peningkatan kadar vitamin D, yang mengakibatkan muntah, kehilangan nafsu makan, peningkatan rasa haus, sering buang air kecil, dan ketidakmampuan untuk tumbuh pada bayi,” jelas American Academy of Pediatric.

Produk yang ditarik kembali memiliki nomor lot 234909 dan tanggal kedaluwarsa Desember 2025. (Anda dapat menemukan nomor lot di bagian belakang kotak dan botol suplemen)

Ditambahkan dari Mayo Clinic, penting untuk memberi bayi dengan asupan vitamin D cair dalam jumlah yang disarankan saja, hal ini untuk menghindari efek samping yang kurang baik.

Tak hanya pada bayi, keracunan vitamin D juga dapat terjadi pada orang dewasa yang mengonsumsi vitamin D3 dalam dosis besar.

Terlalu banyak vitamin D menyebabkan penumpukan kalsium dalam darah, dan dapat menyebabkan mual dan muntah, lemas, dan sering buang air kecil, menurut Mayo Clinic.

Hal ini juga dapat berkembang menjadi masalah ginjal dan nyeri tulang.

Apabila Anda memiliki produk yang ditarik kembali di rumah dan melihat anak Anda menunjukkan gejala apa pun, FDA juga meminta Anda melaporkannya ke Program Pelaporan Kejadian Merugikan MedWatch dan menghubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #suplemen #vitamin #ditarik #oleh #penyedia #kesehatan #picu #peningkatan #risiko #kesehatan #yang #beragam #simak

KOMENTAR