Hari Pertama Kerja, Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dan Wamen Langsung Rapat Pimpinan
Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
02:16
23 Oktober 2024

Hari Pertama Kerja, Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dan Wamen Langsung Rapat Pimpinan

- Setelah dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto pada Senin (21/10), para menteri Kabinet Merah Putih langsung tancap. Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni bersama Wakil Menteri (Wamen) Kehutanan Sulaiman Umar langsung menggelar rapat dengan para pimpinan di Manggala Wanabhakti, Jakarta, pada Selasa (22/10).

Rapat itu diikuti para direktur jenderal (dirjen). Dalam rapat tersebut, Raja Juli Antoni mendengarkan secara peluang dan hambatan pengelolaan hutan selama ini dari para dirjen. Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menekankan tentang pentingnya prinsip keseimbangan dalam pengelolaan hutan lestari.

Apalagi posisi Indonesia sebagai salah satu dari tiga negara dengan hutan hujan tropis terluas di dunia. Hal itu merupakan rumah dari berbagai mega spesies seperti orang utan, gajah, badak, harimau, dll harus tetap menjaga luas dan fungsi hutan.

Untuk itu, pentingnya penguatan data sektor kehutanan, karena data adalah dasar dalam penyusunan kebijakan sektor kehutanan yang lebih baik. “Saya pikir kita harus memperkuat data dan informasi kehutanan,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (22/10).

Dia mengungkapkan, data kehutanan dapat bermanfaat untuk banyak hal. Mulai dari untuk menjaga keanekaragaman hayati level ekosistem, spesies, dan genetik. “Pak Prabowo dalam berbagai kesempatan mengingatkan saya untuk menjaga hutan, sambil dalam waktu yang bersamaan bisa membawa kesejahteraan sebagai dasar menuju Indonesia Emas 2024,” ucapnya.

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni yang juga Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia itu juga mengingatkan bahwa jangan sampai birokrasi yang administratif lantas membunuh kreatifitas, beliau mengingatkan birokrasi harus terbuka pada ide ide baru dalam pengelolaan hutan.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hari #pertama #kerja #menteri #kehutanan #raja #juli #antoni #wamen #langsung #rapat #pimpinan

KOMENTAR