Budi Gunawan Pastikan Persoalan Siber Turut Jadi Prioritas Kemenko Polkam
Menko Polkam Budi Gunawan saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024) (ANTARA/Walda Marison)
22:32
22 Oktober 2024

Budi Gunawan Pastikan Persoalan Siber Turut Jadi Prioritas Kemenko Polkam

 

Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menko Polkam) Jenderak Polisi (Purn) Budi Gunawan memastikan bahwa persoalan siber turut menjadi prioritasnya.

Utamanya yang terkait dengan defense siber. Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu tidak menampik bahwa persoalan tersebut penting untuk ditangani dan mendapat perhatian.

”Kalau siber, siber juga menjadi salah satu perhatian yang harus dilakukan oleh kita. Khususnya di dalam defense siber, keamanan siber, dan keamanan data. Ini menjadi prioritas,” ungkap Budi Gunawan kepada awak media di Jakarta pada Selasa (22/10). 

Budi Gunawan menyampaikan bahwa ada banyak instrumen di Indonesia yang punya kewenangan mengurus soal siber. Baik di level kementerian maupun lembaga. Semuanya harus diajak bekerja sama untuk bahu-membahu menangani berbagai persoalan siber. Tidak hanya itu, Budi Gunawan ingin semuanya dilaksanakan dengan sinergi yang baik.

”Kita tahu masih banyak instrumen kementerian lembaga yang menangani permasalahan yang siber. Ini yang perlu kita sinergikan agar lebih optimal dan maksimal dalam menghadapi permasalahan di bidang siber,” kata pria yang biasa dipanggil BG tersebut. 

Di tempat yang sama, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa BG memang sempat menyinggung soal urusan siber di Kemenko Polkam. Dia memastikan, sudah menjelaskan beberapa hal terkait hal itu kepada BG.

”Saya sampaikan siber ada di bawah deputi tujuh. Itu yang biasa menangani masalah siber, di situ ada asisten deputinya yang menangani permasalahan siber,” kata dia. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #budi #gunawan #pastikan #persoalan #siber #turut #jadi #prioritas #kemenko #polkam

KOMENTAR