Adu Background Pendidikan Grace Natalie vs Puan Maharani, Sama-sama dari Partai Merah tapi Beda Dukungan di Pemilu 2024
Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie. (Kolase Instagram)
16:48
20 Februari 2024

Adu Background Pendidikan Grace Natalie vs Puan Maharani, Sama-sama dari Partai Merah tapi Beda Dukungan di Pemilu 2024

Grace Natalie baru-baru ini menjadi sorotan karena video lamanya yang menyebut Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang punya toleransi tinggi tanpa memainkan politik identitas. Namun hal itu berbanding terbalik dan justru ia menjatuhkan pilihannya di Pemilu 2024 terhadap Prabowo Subianto.

Grace Natalie termasuk satu dari sekian politikus yang terjegal karena ucapannya. Hal itu tak lain karena dukungannya yang justru tak konsisten.

Tak dipungkiri memang Grace Natalie cukup lantang bersuara di Pemilu 2024, namun hal yang sama juga dilakukan Puan Maharani yang ikut bergulat di Pemilu 2024.

Kedua perempuan tersebut mewakili suara-suara wanita di perpolitikan Indonesia saat ini. Namun Puan Maharani merupakan politikus yang memang cukup konsisten untuk mendukung Ganjar Pranowo, di samping karena partainya, cucu Presiden RI pertama, Ir Soekarno ini memang sudah menjadi bagian PDI Perjuangan.

Menarik dibahas bagaimana kiprah dua politikus ini, terutama di bidang pendidikannya, berikut background pendidikan dua politikus wanita yang datang dari partai merah namun berbeda pilihan di Pemilu 2024.

Grace Natalie

Mengawali karier sebagai Ketua Umum PSI pada 2014-2021, Grace memang cukup banyak makan asam garam di dunia politik. Pernah menjadi jurnalis di beberapa stasiun televisi swasta nasional, insting mengulik berita termasuk menjadi watchdog untuk pemerintah cukup baik.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, optimis debat calon wakil presiden akan berjalan seru. (Suara.com/Novian)Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, optimis debat calon wakil presiden akan berjalan seru. (Suara.com/Novian)

Sebelum memulai kariernya di dunia politik, Grace tercatat mengemban pendidikan menengah atasnya di SMAK 4 Penabur Jakarta.

Setelah lulus, wanita 41 tahun ini melanjutkan pendidikan di bangku kuliah di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie (IBII) mengambil jurusan akuntansi.

Tak hanya berhenti di sana, ketika ia masih bertugas di salah satu stasiun televisi swasta, Grace Natalie mengikuti kursus di Maastricht School of Management, Belanda.

Buah dari pendidikannya ini yang mengantarkan pada sejumlah hal baru termasuk terjun ke lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting dan dunia politik.

Akhirnya ia menambatkan kariernya di dunia politik dan bergabung dengan PSI yang juga dikenal partai berlambang mawar merah.

Puan Maharani

Nama Puan Maharani sudah kerap menghiasi telinga masyarakat. Ketua DPR RI ini sempat disorot karena kerap mematikan mik saat sidang paripurna di DPR RI dan paling membekas adalah caranya menanam padi dengan maju, bukannya mundur.

Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Dok: DPR)Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Dok: DPR)

Terlepas dari hal tersebut, Puan Maharani memiliki latar belakang pendidikan yang tak bisa diremehkan. Mengemban pendidikan menengah atas, Puan terdaftar sebagai siswa SMA Perguruan Cikini pada 1991 silam.

Setelah kelulusannya, Puan melanjutkan kuliahnya di Universitas Indonesia (UI) Jakarta pada 1997. Anak dari Megawati Soekarnoputri ini mengambil jurusan Komunikasi Massa.

Hal itu juga satu garis dengan kariernya yang saat ini menjadi senator di Senayan. Tak dipungkiri sejumlah Fakultas Ilmu Komunikasi, beberapa mata kuliah politik menjadi salah satu bagian penting.

Tak hanya selesai di UI, ia juga sudah menjadi Anggota DPR RI di Komisi VI pada 2009-2014. selanjutnya ditunjuk sebagai Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada periode 2014-2019. Selanjutnya kembali tembus ke Senayan sebagai Ketua DR RI pada 2019-2024 mendatang.

Saat ini ia juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan. Selain itu Puan juga menjadi orang yang kerap berkomunikasi dengan para ketum partai lain sejauh Pemilu 2024 berjalan.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #background #pendidikan #grace #natalie #puan #maharani #sama #sama #dari #partai #merah #tapi #beda #dukungan #pemilu #2024

KOMENTAR