Waspada Potensi Banjir, BMKG Imbau Daftar Wilayah Pesisir Indonesia yang Berisiko Banjir Bandang
BMKG imbau masyarakat waspada potensi terjadinya banjir pesisir. ((Instagram/@infobmkg))
19:08
19 Februari 2024

Waspada Potensi Banjir, BMKG Imbau Daftar Wilayah Pesisir Indonesia yang Berisiko Banjir Bandang

 

 

 Banjir pesisir atau rob adalah peristiwa naiknya air laut ke daratan akibat adanya faktor astronomis maupun meteorologis. 

Faktor astronomis adalah posisi bulan dan matahari yang mempengaruhi pasang surut air laut.

Faktor meteorologis adalah angin, tekanan udara, gelombang, dan arus laut yang mempengaruhi ketinggian air laut.

Pada bulan Februari 2024, ada fenomena Fase Bulan Purnama pada tanggal 24 Februari 2024 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. 

Hal ini dapat menyebabkan banjir pesisir di beberapa wilayah pesisir Indonesia, terutama yang memiliki ketinggian rendah dan kurang memiliki proteksi alam.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari Pusat Meteorologi Maritim BMKG, yang dilansir dari Instagram @infobmkg, Senin (19/2), berikut adalah daftar wilayah pesisir Indonesia yang berpotensi terjadi banjir pesisir beserta tanggal perkiraannya:

- Pesisir Sumatera Utara, khususnya Pesisir Belawan dan Pesisir Bintan, berpotensi terjadi banjir pesisir dari tanggal 25 hingga 29 Februari 2024.

- Pesisir Kepulauan Riau, termasuk Pesisir Bintan tanggal 18 sampai 25 Februari, Pesisir Batam tanggal 20 sampai 24 Februari, dan Pesisir Karimun tanggal 20 sampai 26 Februari. Untuk itu, potensi banjir di pesisir ini terjadi antara tanggal 18 hingga 26 Februari 2024.

- Pesisir Sumatera Barat, yang meliputi wilayah Padang, Padang Pariaman, Pariaman, Painan dan Pasaman Barat, berpotensi terjadi banjir pesisir pada tanggal 23 Februari 2024.

- Pesisir DKI Jakarta, khususnya pesisir utara Jakarta, berpotensi terjadi banjir pesisir dari tanggal 20 hingga 23 Februari 2024.

- Pesisir Jawa Tengah, yang mencakup wilayah Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, dan Kabupaten Demak, berpotensi terjadi banjir pesisir dari tanggal 20 hingga 22 Februari 2024.

- Pesisir Kalimantan Barat, tepatnya di pesisir provinsi tersebut, berpotensi terjadi banjir pesisir dari tanggal 22 hingga 24 Februari 2024.

Banjir pesisir ini dapat berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. 

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti info prakiraan terbaru dari BMKG.

Informasi selengkapnya tentang banjir pesisir dapat dilihat di situs maritim.bmkg.go.id atau dapat langsung hubungi kantor BMKG terdekat. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #waspada #potensi #banjirbmkg #imbaudaftar #wilayah #pesisir #indonesia #yang #berisiko #banjir #bandang

KOMENTAR