Pesawat TNI AU akan Antar Jokowi Menuju Solo Jawa Tengah
Pesawat B-737-800 NG nomor registrasi A-7309 milik TNI Angkatan Udara (AU) dipersiapkan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, jelang kepulangan Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) ke Solo, Sabtu (20/10/2024). 
14:47
20 Oktober 2024

Pesawat TNI AU akan Antar Jokowi Menuju Solo Jawa Tengah

Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah setelah resmi menyerahkan kepemimpinannya ke Presiden RI Prabowo Subianto pada Minggu (20/10/2024).

Pantauan Tribunnews.com sekira pukul 13.55 WIB, sejumlah petugas sudah mulai bersiap. Mulai dari pintu masuk Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur yang sudah dijaga ketat prajurit TNI Angkatan Udara (AU).

Beberapa ratus meter dari pintu utama, terdapat landasan untuk pesawat lepas landas hingga mendarat. Terdapat pula ruang tunggu VVIP yang nantinya akan menjadi tempat persinggahan Jokowi sebelum naik ke pesawat nantinya.

Di landasan terlihat pula sejumlah pesawat milik TNI AU mulai dari tipe Boeing hingga pesawat tempur jenis F-16 yang terparkir di depan Based Ops Skadron Udara 31.

Dari informasi yang diterima, Jokowi akan terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekira pukul 14.45 WIB dengan pesawat boeing milik TNI AU dan tidak menggunakan pesawat komersil, sebagaimana sempat diberitakan sebelum-sebelumnya.

"Nanti beliau (Jokowi) akan kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/PCO Hasan Nasbi saat dimintai keterangan, Minggu (20/10/2024).

Dari pantauan, ada dua pesawat Boeing dengan nomor registrasi A-7309 dan A-7306 yang terparkir tepat di depan terminal VVIP.


Namun, dugaan kuat pesawat yang akan ditumpangi Jokowi nantinya yakni pesawat B-737-800 NG nomor registrasi A-7309. Hal ini karena hanya pesawat dengan nomor itu yang dipindahkan ke lokasi yang lebih dekat.

Di samping itu, landasan tersebut juga menjadi tempat pesawat delegasi negara sahabat yakni Malaysia dan Thailand yang baru saja lepas landas.

Adapun pesawat tersebut terlihat berwarna abu-abu muda dan list merah-putih di bagian tengah badan pesawat. Terdapat pula tangga berwarna biru menuju pintu masuk pesawat dengan karpet merah di bawahnya.

Diantar Prabowo Subianto 

Hasan Nasbi mengatakan Presiden RI Prabowo Subianto akan melepas kepulangan Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

"Presiden ke 8 rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim," kata Hasan kepada wartawan.

Hasan mengatakan bahwa Jokowi akan pulang ke Solo menggunakan Pesawat TNI AU. Kepulangan Jokowi akan dilepas dengan dengan hormat.

"Presiden ke 7, akan dilepas dengan penuh kehormatan," katanya.

Selain itu kata Hasan para Menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) juga akan melepas kepulangan Jokowi di Lanud Halim.

"Para menteri kabinet Indonesia maju rencana akan ikut melepas keberangkatan Pak Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini," kata Hasan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar makan siang bersama Wakil Presiden dan seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju di Istana Jakarta pada Jumat, (18/10/2024).

 

 

 

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #pesawat #akan #antar #jokowi #menuju #solo #jawa #tengah

KOMENTAR