Kampanye di Samarinda, Anies: Sudah Saatnya Negara Tak diatur Para Pengusaha
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat berkampanye di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (11/1/2024)(Dok Kedeputian Media dan Informasi Timnas Anies-Muhaimin)
17:00
11 Januari 2024

Kampanye di Samarinda, Anies: Sudah Saatnya Negara Tak diatur Para Pengusaha

- Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan, sudah saatnya negara tak diatur oleh para pelaku usaha.

Hal itu disampaikan Anies saat kampanye dengan cara dialog di "Desak Anies" disiarkan di kanal Youtube pribadinya @aniesbaswedan, Kamis (11/1/2024).

Dalam acara tersebut Anies ditanya sikapnya mengenai usaha yang merusak lingkungan seperti tambang batubara yang berada di Kalimantan.

Ia kemudian menjelaskan, selama memimpin Jakarta sebagai Gubernur, pelaku usaha selalu menaati aturan yang telah dibuat pemerintah.

"Pelaku usaha itu tidak akan bertumbuhkan dengan pemerintah. Problemnya, pemerintah sendiri tidak memprioritaskan ekologi, tidak memprioritaskan pembangunan berkelanjutan sehingga mereka ada keleluasaan di situ," katanya.

Sebab itu dia ingin agar ada aturan yan dibuat pemerintah untuk mementingkan keberlanjutan lingkungan hidup dan tidak mengikuti kemauan dari pengusaha semata.


"Sudah saatnya negara tidak diatur oleh para pelaku usaha, dan sebaliknya. Justru negara yang harus mengatur para pelaku usaha," tutur Anies.

Anies memberikan contoh, perbudakan dalam dunia usaha dulunya dianggap normal sebelum adanya larangan karena alasan kemanusiaan.

Dia ingin, pengusaha yang merusak lingkungan bisa sadar seperti layaknya larangan perbudakan.

Di zaman modern saat ini, merusak lingkungan hidup bisa jadi dianggap sebagai aib layaknya menjalankan usaha dengan sistem perbudakan.

"Dulu berusaha dengan merusak lingkungan bisa dianggap normal, ke depan itu aib, itu dosa dan itu harus berubah, itu yang ingin saya sampaikan," ucap Anies.

"Dibuat pesan moralnya, diturunkan dalam bentuk regulasi, lalu laksanakan terjadi perubahan," tandasnya.

Editor: Singgih Wiryono

Tag:  #kampanye #samarinda #anies #sudah #saatnya #negara #diatur #para #pengusaha

KOMENTAR