Hari Terakhir Kerja Para Menteri Jokowi: Luhut Masih Kunker Saat Muhadjir & Yaqut Pamit pada Stafnya
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan masih bekerja pada hari terakhirnya menjabat sebelum pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dimulai. 
07:27
19 Oktober 2024

Hari Terakhir Kerja Para Menteri Jokowi: Luhut Masih Kunker Saat Muhadjir & Yaqut Pamit pada Stafnya

- Jumat (18/10/2024) kemarin menjadi hari kerja terakhir bagi Muhadjir Effendy bekerja sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Pada hari terakhir itu Muhadjir menyempatkan berpamitan dengan para pegawai di Kemenko PMK.

Acara pamitan Muhadjir itu dilakukan setelah mengikuti ibadah salat Jumat di Masjid Nur Salam, Kemenko PMK, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. 

Dalam kesempatan itu Muhadjir mengaku senang melihat kondisi Masjid Nur Salam yang semakin membaik dalam lima tahun terakhir selama dirinya menjabat sebagai Menko PMK.

"Dari waktu ke waktu saya lihat, Masjid Nur Salam ini semakin baik semakin mampu, semakin terawat dan baik," ujar Muhadjir. 

Muhadjir lalu berpamitan dengan para pegawai Kemenko PMK. 

Muhadjir sebentar lagi akan mengakhiri jabatan sebagai Menko PMK. 

"Yang kedua, saya izinkan pamit. Masa bakti saya sebagai Menko PMK sudah selesai. Tinggal menghitung hari, detik demi detik. Insya Allah nanti kalau presiden terpilih dilantik, kemudian akan diikuti dengan pelantikan para menteri. Dan di situlah berarti saya sudah selesai pengabdian saya di Kemenko PMK," tutur Muhadjir. 


Dalam menjalani amanat sebagai Menko PMK, Muhadjir mengaku tidak terasa sudah lima tahun menjabat. 

Dirinya mengaku berat meninggalkan jajaran Kemenko PMK setelah bekerjasama selama lima tahun terakhir. 

"Rasanya baru beberapa minggu menurut saya. Dan sebenarnya saya mengakui meninggalkan bapak-bapak semua ini rasanya sangat berat," ucap Muhadjir. 

Terakhir, Muhadjir meminta maaf kepada jajaran Kemenko PMK jika dirinya memiliki salah selama memimpin. 

"Kalau saya ketika diberi kesempatan untuk berhotbah, mungkin ada pernyataan-pernyataan saya yang tidak menyenangkan, itu juga mohon dimaafkan," pungkasnya. 

Setelah itu, Muhadjir bergegas menuju Istana Kepresidenan untuk mengikuti makan siang bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. 

Menag Yaqut Cek Apakah Masih Ada Barang Tertinggal

Selain Muhadjir, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kemarin juga berpamitan kepada para jajarannya di Kementerian Agama (Kemenag). 

Selain itu, ia juga masih sempat mengecek ruangannya apakah ada barang yang tertinggal. 

"Saya pamitan dengan teman-teman semua yang selama 4 tahun ini membantu saya bekerja melayani umat masyarakat, sambil ngecek ruangan apakah ada yang ketinggalan," kata Menag Yaqut kepada Tribunnews di kantor Kemenag di Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta, Jumat (18/10/2024). 

Kemudian Menag Yaqut berpesan kepada segenap jajaran ASN di Kemenag agar bekerja dengan baik melayani masyarakat. 

"Saya berharap teman-teman di sini dengan Menteri dan Wamen yang baru. Tetap bekerja dengan baik semangat memberikan layanan bagi umat sebagaimana sebelumnya," harapnya.

Menag Yaqut lalu mengungkapkan keyakinannya segenap jajaran ASN Kemenag bisa bekerja dengan baik. 

"Saya yakin teman-teman ini akan bekerja dengan baik," terangnya. 

Menlu Retno Perpisahan Tertutup

Tak berbeda jauh dengan dua koleganya itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kemarin juga mengisi hari terakhirnya sebagai Menlu dengan berpamitan kepada jajaran pegawai di Kementerian Luar Negeri (Kemlu). 

Retno mengawali kegiatan hari kerja terakhirnya dengan perpisahan bersama jajaran pegawai dan staf Kemlu RI. 

Acara itu digelar tertutup dan hanya dihadiri pegawai internal pada pagi hari. 

"Tadi pagi sudah (acara perpisahan), internal saja," kata Juru Bicara Kemlu yang juga Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan Kemlu RI, Rolliansyah Soemirat, Jumat (18/10/2024).

Tak banyak agenda luar, Retno lebih memilih menghabiskan jam-jam kerja di kantor dan lebih privasi untuk internal. 

Agenda luarnya hanya pergi ke Istana Negara memenuhi undangan makan siang dari Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Dalam agenda tersebut, Presiden mengumpulkan seluruh jajaran pejabat dan anggota kabinet pemerintahannya, baik itu menteri, wakil menteri, kepala badan maupun institusi. 

Agenda ini sekaligus menjadi perpisahan Jokowi dan para pembantu di kabinetnya, sebelum masa jabatannya sebagai pemimpin negara berakhir pada Minggu 20 Oktober 2024.

Retno Marsudi yang hari itu mengenakan pakaian atasan putih datang ke Istana dengan menumpang mobil dinas RI 22. 

Ia meninggalkan kantor Kemlu RI sekitar pukul 12.40 WIB. 

"Jam 1 ada undangan lunch bapak Presiden kayanya," ucap Roy.

Sebagai informasi, Retno Marsudi menjabat Menlu RI sejak 27 Oktober 2014 pada periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi

Pada periode kedua Jokowi, Retno kembali dipercaya sebagai Menlu hingga sekarang.

Sementara pada pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Retno dipastikan tak lagi menduduki kursi Menlu. 

Namun demikian, Retno tak akan menganggur terlalu lama, karena ia juga sudah ditunjuk oleh Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menjadi Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air. 

Retno akan efektif menjabat di posisi barunya itu per 1 November 2024.

Luhut Masih Beraktivitas di Jatim

Berbeda dengan para koleganya yang mengisi hari terakhir sebagai menteri dengan berpamitan di kantor masing-masing, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan justru masih bekerja pada hari terakhirnya menjabat sebelum pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dimulai.

Bahkan, pada Jumat (18/10/2024) kemarin Luhut masih melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur. 

"Hari ini Pak Menko masih bertugas di Kediri," kata Staf Humas Kemenko Marves, Nelly Hassani Rachmi dalam pesan yang diterima, Jumat (18/10/2024). 

Nelly mengatakan di Kediri, Luhut melakukan sejumlah kegiatan, di antaranya peresmian infrastruktur. 

"Iya peresmian bandara (Dhoho Kediri) dan groundbreaking jalan tol," kata dia. (tribun network/fah/dng/rhm/den/dod)

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #hari #terakhir #kerja #para #menteri #jokowi #luhut #masih #kunker #saat #muhadjir #yaqut #pamit #pada #stafnya

KOMENTAR