MPR RI Berharap Prabowo-Gibran Bisa Hadir Dalam Gladi Bersih Pelantikan Presiden dan Wapres Besok
Plt Sekjen MPR RI Siti Fauziah saat jumpa pers di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2024). 
18:17
18 Oktober 2024

MPR RI Berharap Prabowo-Gibran Bisa Hadir Dalam Gladi Bersih Pelantikan Presiden dan Wapres Besok

- Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah menyatakan harapan sejatinya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa hadir dalam acara gladi bersih Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang digelar, Sabtu (19/10/2024) besok.

Kata Siti, pihaknya berharap agar kedua calon pemimpin negara tersebut bisa melihat langsung prosesi latihan untuk pelantikan.

"Semoga ya, kita berharap Wapres Terpilih bisa hadir untuk menyaksikan prosesi yang akan dilaksanakan di tanggal 20 Oktober. Belum ada informasi, tapi semoga (Prabowo) hadir," kata Siti saat jumpa pers di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Sementara itu, sejauh ini kata Siti, yang baru akan terkonfirmasi hadir menyaksikan gladi bersih adalah para pimpinan MPR RI.

Keseluruhan pimpinan MPR RI yang berjumlah 9 orang tersebut kata dia, akan menghadiri latihan final pada esok hari.

"Pimpinan insyaAllah pimpinan MPR 9 orang besok akan menyaksikan gladi bersih," ucap dia.

Sejauh ini persiapan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden sudah sebagian besar rampung, karena menurut Siti persiapan sudah dilakukan sejak jauh hari.


"Kalau persiapan sebenarnya sudah kita lakukan jauh-jauh hari ya, kalau ini kan istilah tinggal implementasi," kata dia.

Sementara itu, pada hari ini MPR RI bersama dengan beberapa pihak menggelar agenda gladi kotor yang di mana salah satu bagiannya yakni mempraktikkan seluruh bagian acara.

Dengan begitu, jika dipersentasikan kesiapan untuk agenda pelantikan sudah rampung 80 persen.

"Seperti nanti ruang VIP, VVIP 2 sekarang belum kelihatan apa-apa, tapi insyaAllah nanti malam sudah selesai, artinya sudah 80 persenan lah ya," kata Siti.

Dalam kesempatan ini, Siti juga turut menyampaikan kemungkinan jumlah tamu undangan yang akan hadir.

Kata dia, jika ditotal maka akan ada lebih dari 1.700 pihak yang akan hadir, termasuk tamu kepala negara.

"Jumlah undangan yang pasti adalah undangan dari anggota MPR yang berjumlah 732 dan tamu tamu lainnya kurleb 1100 yang akan memasuki ruang sidang paripurna," kata dia.

Sebagai informasi, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih RI Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilakukan pada Minggu (20/10/2024) pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dalam agenda pelantikan itu sederet tamu undangan mulai dari Presiden dan Wapres RI terdahulu hingga para kontestan Pilpres 2024 dijadwalkan diundang dan akan hadir.

Tak hanya itu, MPR RI juga mengundang beberapa kepala negara atau perwakilannya.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #berharap #prabowo #gibran #bisa #hadir #dalam #gladi #bersih #pelantikan #presiden #wapres #besok

KOMENTAR