7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Pepaya, Bisa Ganggu Pencernaan!
ilustrasi pepaya dan buah lainnya. (Freepik)
16:08
18 Oktober 2024

7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Pepaya, Bisa Ganggu Pencernaan!

Buah-buahan menyediakan nutrisi baik yang diperlukan untuk tubuh manusia.

Salah satunya pepaya, buah ini dikenal kaya akan kandungan serat, indeks glikemik rendah, dan menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Kendati demikian, para ahli berpendapat bahwa untuk memperoleh manfaat maksimal dari pepaya, sebaiknya hindari memadukannya dengan jenis makanan tertentu.

Menurut para ahli, pepaya merupakan sumber serat dan enzim seperti papain, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengiritasi lapisan lambung atau menyebabkan tinja encer.

Lantas, makanan apa saja yang harus dihindari saat mengonsumsi pepaya? Dikutip dari Times of India, Jumat (18/10), mari simak uraiannya di bawah ini.

Jeruk

Orang-orang sering membuat salad buah dengan mencampur pepaya dan jeruk.

Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut, karena keduanya kaya akan vitamin C dan menggabungkan buah ini dapat menyebabkan keasaman atau nyeri ulu hati.

Makanan berprotein tinggi

Pepaya kaya akan enzim yang bantu memecah protein dan bila Anda menambahkannya bersama makanan berprotein tinggi, maka enzim ini bisa mengganggu pencernaan.

Disarankan untuk tidak memadukan pepaya dengan daging, ikan, atau tahu dalam jumlah banyak demi mencegah masalah pencernaan.

Makanan fermentasi

Menurut para ahli, makanan fermentasi seperti kimchi atau asinan kubis tidak boleh dicampur dengan pepaya.

Makanan tersebut mengandung probiotik dan ketika enzim pepaya tercampur, hal itu dapat mengganggu pencernaan atau menyebabkan masalah gastrointestinal.

Susu dan produk olahan susu

Menurut para ahli, mencampur produk olahan susu dan pepaya bukanlah ide yang baik.

Pepaya mengandung enzim seperti Papain dan Chymopapain, yang dapat mengentalkan susu dan mengganggu fungsi sistem pencernaan.

Kombinasi tersebut juga dapat menyebabkan kembung, gas, dan kram.

Makanan pedas

Makanan pedas dikenal dapat mengiritasi lapisan lambung dan menggabungkannya dengan pepaya menjadi ide yang buruk.

Menurut para ahli, menggabungkannya dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan menyebabkan masalah gastrointestinal.

Dikatakan juga bahwa kombinasi tersebut dapat menyebabkan kram perut, mulas, atau refluks asam.

Selain itu, sifat dingin pepaya jika dicampur dengan panasnya makanan pedas dapat menyebabkan reaksi di usus yang menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Makanan berlemak

Menggabungkan pepaya dengan makanan berlemak seperti hidangan goreng, daging berlemak, dan saus krim dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.

Pepaya termasuk buah rendah lemak dan menggabungkannya dengan makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Telur mentah

Menurut para ahli, kombinasi tersebut dapat berisiko karena telur mentah dapat membawa salmonella dan enzim dalam pepaya mungkin tidak tercampur dengan baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makanan #yang #sebaiknya #tidak #dikonsumsi #bersama #pepaya #bisa #ganggu #pencernaan

KOMENTAR